Teruji dan Cekatan, Camat Barangin Subandi,SH Wakili Kota Sawahlunto di Kompetensi Camat se-Sumbar

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Camat Barangin, Subandi,SH, dipercaya mewakili Pemko Sawahlunto diajang lomba Kompetensi Camat se-Sumbar.

Hal itu menyusul setelah Pemko Sawahlunto memutuskan mantan Ketua PWI Kota “Arang” itu berhasil menjuarai
Kompetensi Camat se-Kota Sawahlunto.

Dilantik jadi Camat Barangin, Ini Pesan Walikota Sawahlunto pada Subandi

Wartawan Senior Harian Singgalang di Jalan Veteran No.17 Padang itu dinilai mampu dalam pemimpin Kecamatan Barangin.

Terutama dalam membina desa-desa yang merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam mewujudkan kemajuan daerah dan kesejateraan masyarakat.

Subandi bersama keluarga tercinta

Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya, Camat yang merakyat itu selalu turun ke desa-desa menyambangi warganya. Apalagi kata dia, pemerintah deda telah dibekali kewenangan yang cukup dengan dukungan alokasi dana yang memadai pula agar pengelolaan desa dapat berjalan baik dan profesional.

Namun sangat disayangkan, pada prakteknya pemerintahan desa sering kali belum diiringi dengan sumberdaya manusia yang mumpuni dalam menjalankan roda pemerintahan di desa masing-masing secara optimal.

“Tak jarang pula pemerintah deda menghadapi permasalahan – permasalahan, bahkan sampai tersandung masalah hukum dalam menjalakan roda pemerintahan.
Disinilah dibutuhkan peran camat. Dalam menjalankan tugasnya, camat melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa,”ucap Bandi begitu panggilan akrab wong kito yang sudah sejak bujangan berdomisili di Sawahlunto berkomentar secara luas.

Epi
Subandi bersama Walikota Deri Asta

“Hal ini bertujuan untuk memberikan dukungan baik dari segi penyusunan anggaran, maupun dalam pelaksanaan penyelenggaraan urusan pemerintahan desa pada umumnya. Serta untuk memberikan apresiasi dan dukungan moril, serta menambah motivasi kepada para kepala desa dalam meningkatkan kinerja sebagai abdi masyarakat,”tambah suami dari Ida Laila itu.

Menurut bapak dari dua putra (Alen Salvo Pratomo di Telkomsel Jkt, Akbar Hendar Krisdiantoro Influccaer, SMA di Jakarta-red) itu, ia sendiri masuk ke Sawahlunto pada tahun 1990, di era Wako Drs.H.Rachmatsjah (5 tahun-red), Drs.H.Subari Sukardi (10 tahun-red), Wako Ir.H.Amran Nur (10 tahun), dan Aliyusuf (2 tahun).

Mengenal Lebih Dekat Camat Barangin Sawahlunto, Subandi Merakyat dan Gampang Bergaul

Subandi, asli berdarah “Wong Kito” Palembang sudah 33 tahun berada di Sawahlunto. “Bagi saya Sawahlunto adalah kampung halaman saya dan Palembang adalah tanah tumpah kelahiran saya,” ucap Camat yang merangkak dari bawa itu.

Meski ia menjabat sebagai camat, namun ia tak pernah lupa dari rekan-rekannya yang seprofesi (Wartawan-red). Ia dikenal dekat dengan semua kalangan, baik masyarakat, pebisnis, ulama, ninik mamak , pendidi, maupun kalangan pejabat serta kalangan lainnya.

Karir Bandi dimulai di bagian Humas Setdako yang diawali dari Golongan II A. Hampir 18 tahun Bandi Bercokol di Humas, dengan empat kepala Daerah.

Subandi berkesempatan foto bersama rekan-rekan Pers

“Selain itu saya juga pernah menjabat sebagai Kasubag Humas DPRD pendamping komisi E, Sekcam Barangin, PLT Camat Barangin selama tujuh bulan, Kabid Perpustakaan, Sekcam Lembah Segar dan menjadi Camat Barangin sampai sekarang,”paparnya saat ditanyai Pemred Jurnalsumbar. Com, Saptarius, Minggu (23/7/2023) di Sawahlunto.

Memiliki semboyan hidup yang jelas, teruji dan cekatan, ia berkata apa-adanya. “Apa yang dapat kita berikan dan bukan apa yang kita dapatkan,”ucapnya dengan harapan agar kawan-kawanya sesama ASN untuk bekerja dengan ikhlas.

“Dan banyak lah terjun ke lapangan biar bisa memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat,”tambah Subandi.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.