Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, Dianugrahi Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya

Jurnal Sumbar

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si mendapatkan Penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi dari Dewan Koperasi Indonesia.

 

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si mendapatkan Anugerah Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Dewan Koperasi Nasional (Dekopin).

Penghargaan tersebut diberikan pada Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dalam acara Puncak Hari Koperasi Ke-75 di Auditorium UNP Padang, Minggu (23/7/2023) pukul 10.00 WIB pagi.

Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Dewan Koperasi Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Perindustrian Ri, Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Ya, kemarin Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menerima penghargaan sebagai tokoh dan Penjabat penggerak Koperasi di Kabupaten Sijunjung dari Dewan Koperasi Indonesia, yang diserahkan Menteri Perindustrian Ri, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Prof. DR H . Nurdin Khalid, selaku Ketua Dewan Koperasi Indonesia,”kata Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung, Drs. Muchlis Anwar,MM, Minggu (23/7/2023) kepada Jurnalsumbar.Com yang tengah terbaring di Rumah Sakit Holistic Purwakerta.

Drs H Muchlis Anwar Ketua Dekopinda Sijunjung/ Mantan Wabup Sijunjung

“Ambo sedang pengobatan di Purwakerta, sedang dirawat di RS Holistic, jadi saya tak hadir dalam acara tersebut,”ucap Wabup Sijunjung periode 2010-2015 itu.

Lebih lanjut, mantan bitokrasi itu juga menyebutkan, Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi diberikan  sebagai bentuk apresiasi atas upaya keras Bupati Benny yang selama ini aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Kabupaten Sihunjung.

“Alhamdulillah, penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Sijunjung atas dedikasinya melestarikan budaya Gotong Royong dan profesionalisme gerakan koperasi   dalam menjalankan sistem perkoperasian,” kata Bupati Benny Dwifa Yuswir, Sabtu (23/7/2022).

“Dan seiring dengan perkembangan zaman, saatnya koperasi bertranformasi dengan menerapkan digitalisasi dan membentuk pelaku-pelaku koperasi milenial agar kedepan koperasi dapat menjadi Agregator bagi UMKM dan makin banyak yang  Go-Global,” terang Ketua DPD Partai Golkar Sijunjung itu.

Kepala Dinas Dagperinkop Kabupaten Sijunjung, Ir.Yulizar, MP

Kadis Dagperinkop Sijunjung, Ir.Yulizar,MP, sebelumnya menyampaikan, jumlah koperasi terdata  di Ranah Lansek Manih itu ada 108 koperasi, yang aktif 76, yang sudah dibubarkan 48 dan yang dalam proses untuk dibubarkan 20.

Dikatakannya, dari koperasi yang aktif sudah ada beberapa unit koperasi yang mencoba menerapkan sistem koperasi syariah namun masih tetap dengan badan hukum yang lama sebagai uji coba.

“Bila nanti semua anggotanya sepakat untuk meneruskan dengan sistem syariah, baru diajukan perubahan Badan Hukumnya,”sebut Kadis Dagperinkop Sijunjung, Ir.Yulizar, MP.

Dari sisi kinerja keuangan, dapat dilihat bahwasanya koperasi memiliki peran penting dalam hal mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sijunjung.

Koperasi Syari’ah yang Profesional Dimata Ketua LKAAM, Ketua Dekopinda dan Kadis Dagperinkop Sijunjung

Dalam mendukung kemajuan koperasi di Kabupaten Sijunjung, Pemkab menjalankan berbagai program. Seperti memberikan pelatihan managerial sertifikat kerja kompetensi nasional indonesia (SKKNI), juga memberikan fasilitasi dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), fasilitasi merk produk, sertifikasi halal dan juga sertifikasi ISO.

Semua kami fasilitasi bagi gerakan koperasi dan pelaku UMKM di Sijunjung.
Bupati Benny juga menjelaskan bahwa  melalui Dagperinkop Sijunjung, pelaku koperasi juga diberikan fasilitasi pemasaran produk melalui offline di gedung galeri, memberikan pelatihan pemasaran serta membantu membuat logo dan design kemasan melalui sinergi antara talenta anak – anak muda dalam Millenial Job Center (MJC) dengan UMKM dan berbagai program lain.

Ny.Riri Benny Dwifa Ketua TP PKK Sijunjung

Hal yang sama juga dibenarkan Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa.

“Ya, pagi tadi pak bupati menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) di Auditorium UNP Padang,” ucap Riri yang juga istri dari Bupati Sijunjung dan Biggbozz Citra Swalayan itu.

Saptarius, Ketua F.Yanlik Kabupaten Sijunjung/Pemred Jurnalsumbar.Com/Penjab.Pemred TaraNews.Co

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius, mengapresiasi keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Sijunjung dalam kepemimpinan Bupati-Wabup, Benny-Radi.

“Selamat dan sukses atas prestasi yang telah dicapai Pemkab Sijunjung melalui Dekopinda. Aplagi lewat koperasi  ekonomi masyarakat UMKM maupun warga lainnya akan terangkat. Itu juga bagian dari visi-misi bupati yang perlu didukung bersama,”kata Wartawan Utama yang juga Pemred/Penjab Jurnalsumbar.Com-TaraNews.Co itu.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.