๐——๐˜‚๐—ฎ ๐—ฆ๐—ถ๐˜€๐˜„๐—ฎ Asal Kota ๐—ฆ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ต๐—น๐˜‚๐—ป๐˜๐—ผ ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐˜‚ ๐—ž๐—ฒ Kompetisi Sains Madrasah Nasional

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Dari Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar 4 – 6 Agustus 2023 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang, dua siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Sawahlunto sukses menorehkan prestasi terbaik dan berhak melaju ke tingkat Nasional.

Dua siswa itu, yakni Latifa Tuqolbi dari MIS Lunto cabang Matematika terintegrasi dan Raiga Pangeran Bumi Arion dari MIN 2 Sawahlunto cabang IPA terintegrasi berhasil meraih juara 1 KSM tingkat Provinsi Sumbar. Sementara untuk tingkat Aliyah, siswa MAS Lunto Fikri Dinul Haq cabang Matematika terintegrasi meraih peringkat ketiga.

Kasi Pendidikan madrasah Kementrian Agama (Kemenag) Sawahlunto Syafruddin, Rabu (9/8/2023) mengatakan, dua siswa tersebut berhak melaju ke jenjang berikutnya pada iven KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Kota Kendari Sulawesi Tenggara 2 – 6 September 2023 mendatang.

KSM sebut Syafrudin, merupakan sebuah kegiatan yang diadakan Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Epi

“Dimulai sejak 2012, KSM telah menjadi ajang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebanyak 964 peserta terdiri dari 182 siswa MI/SD, 276 orang siswa MTSN/SMP dan 506 tingkat MA/SMA mengikuti KSM tingkat Sumbar tahun 2023 dengan sistem CAT (Computer Asisted Test). Adapun mata pelajaran diperlombakan yakni Matematika dan IPA terintegrasi tingkat MI/SD, sedangkan MTs/SMP ditambah IPS, sementara tingkat SMA/MA Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi terintegrasi.

Terpisah Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas prestasi terbaik yang didapat.

“Mudah – mudahan siswa madrasah kita sukses meraih prestasi tingkat Nasional,” harapnya. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.