Peringatan HUT RI, Pemda Tanah Datar Gelar Pawai Alegoris

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Batusangkar- Rapat persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar Pemda Tanah Datar, Kamis(3/8) di Aula Kantor Bupati Pagaruyung.

Asisten Kesra dan Pemerintahan Setda Tanah Datar Elizar yang memimpin rapat mengharapkan seluruh pihak terkait untuk bisa saling bekerjasama dan berkoordinasi agar rangkaian agenda yang dimaksud berjalan dengan lancar.Dan kita semua dapat memahami dan bertanggung jawab dengan tugas masing-masing sampai hari H tiba.

Elizar menyampaikan berbagai kegiatan yang perlu dimatangkan persiapannya diantaranya apel penghormatan dan renungan suci dan dilanjutkan pelaksanaan detik-detik proklamasi.Kali ini memimpin upacara detik-detik proklamasi Kodim 0307 Tanah Datar, sedangkan penurunan bendera dilaksanakan Polres Tanah Datar.

Persiapan bagi Paskibra pada upacara pengibaran bendera 17 Agustus nantinya sudah harus didatangkan, kata Elizar seraya menyebutkan kegiatan biasa dilakukan pada peringatan kemerdekaan RI adalah ramah tamah antara Pemerintah Daerah dengan pejuang yang merupakan kegiatan rutin dilaksanakan dua kali setahun.

PERANTAU SIJUNJUNG

Yang perlu dikondisikan, pemberian remisi bagi narapidana bagi Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar, biasanya penyerahan remisi dilakukan pagi sebelum upacara bendera oleh Pak Bupati.Apakah dilakukan di Indojolito atau di Rutan sendiri seperti tahun-tahun lalu.

Dikatakan Elizar, untuk pelaksanaan pawai Alegoris biasanya dilaksanakan sehari setelah upacara bendera. Sementara pada tahun ini 17 Agustus jatuh pada hari Kamis, otomatis pawai akan dilakukan Jumat.Lantaran jatuhnya hari Jum’at tentu yang menggangu ibadah Jumat kita.Tentu nanti perlu kita sepakati bersama bagaimana yang terbaik, sembari meminta seksi keamanan dan seksi kebersihan agar berkoordinasi dan bekerja sama selama perayaan kemerdekaan RI itu.

Dandim 0307 Tanah Datar diwakili Mayor Inf. Rifeni menyampaikan, pelaksanaan detik-detik proklamasi yang menjadi kendala saat ini adalah tempat para pengibar bendera nantinya yang tidak rata.
Sehubungan dengan persiapan Paskibra agar diperhatikan Pemerintah Daerah karena waktu pelatihan hingga pelaksanaan upacara .

Wakapolres Tanah Datar Kompol Hikmah, S. Kom, M. Kom menyebutkan saat detik-detik proklamasi nantinya apakah dilaksanakan di kantor-kantor atau di instansi pemerintah lainnya di kecamatan.Kalau dilakukan, pihaknya dan jajaran serta anggota siap menghentikan kendaraan yang melintas saat detik-detik proklamasi dilaksanakan – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.