DR. Zefnihan, Ap.M.Si jadi Pj Walikota Sawahlunto?, Nama Pj Sekdakab Sijunjung Mulai Bermunculan

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jika tak ada aral melintang, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sijunjung, Sumatera Barat, DR. Zefnihan, Ap,M.Si, akan menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, sesuai penunjukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D.

Penunjukkan itu di luar usulan dari Pemerintah Provinsi Sumbar maupun DPRD Kota Sawahlunto.

“SK Pj Walikota Sawahlunto sudah kita terima. Yang ditunjuk Mendagri adalah Sekda Sijunjung, Zefnihan,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, Doni Rahmat Samulo seperti dikutif dari Kompas.com, Jumat (15/9/2023) beberapa waktu lalu.

Siapa bakal jadi Pj Sekdakab Sijunjung pengganti Zefnihan di rumah bagonjong ini..?

Artinya, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, harus menunjuk pengganti Zefnihan sebagai pejabat Sekda.

Ada sejumlah pejabat teras di lingkup Pemkab Sjunjung, disebut-sebut layak menjadi bakal calon (Balon) Pejabat (Pj) Sekdakab Sijunjung.

Dari kalangan sekretariat daerah, nama Afrizal Chan (Asisten 1), Edwin Suprayogi (Asisten 2) dan Hasmizon (staf ahli) juga disebut-sebut sebagai kandidat Pj Sekda.

Tak hanya itu, nama Endi Nazir (Kepala BKAD), yang juga pernah menjabat inspektur daerah itu juga dikabarkan berpeluang jagi Pj Sekda. Bahkan, nama Febrizal Ansori (Kadis Dukcapil) juga dimungkin bisa menjabat Sekda. Apalagi ia juga dinilai cukup senior dibirokrasi. Selain pernah menjabat Kadis Koperindakop, Asisten 1, Feri juga pernah menjabat sebagai Kepala Bapppeda.

Bahkan, nama Welfiadril, Kadis Pol PP Damkar juga disebut-sebut berpeluang jadi Pj Sekda. Mantan Inspektur Daerah yang memiliki segudang pengalaman itu juga dinilai layak sebagai Pj Sekdakab.

Epi

Nama Kepala BPKPSDM, Riki Mainaldi Neri, yang juga pernah menjabat Kadis Nakertrans dan Kadis Perkim itupun memyai kans besar untuk menduduki posisi Pj Sekdakab. Selain dinilai sosok pejabat yang loyal, ia juga dinilai pejabat yang mengakar rumput.

Mendagri Tunjuk “DR. Zefnihan, Ap.M.Si” Sekdakab Sijunjung sebagai Pj Walikota Sawahlunto

Bukan itu saja, nama Kadis Nakertrans Khamsiardi juga disebut-sebut berpeluang menjabat sebagai Pj Sekdakab. Bahkan sejumlah pejabat di Ranah Lansek Manih menilai, mantan Kadis PMN itu dinilai pantas menjabat sebagai Pj Sekdakab.

“Ia dinilai sosok pejabat yang Low profile, tidak sombong. Penampilannya sederhana “low profile” sikap orang  rendah hati dan tidak menampakkan kehebatannya di depan umum,”ujar sejumlah sumber.

Nama Kadis PM PTSP, Jaheri juga disebut-sebut sebagai kandidat. Selain pernah menjabat Asisten 1, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Bapppeda.

Bahkan nama Afrineldi, Kadis Parpora Sijunjung dan Kadis Sosial Yofritas yang juga pernah jadi Asisten 3 dan Kadis Koperindagkop juga màsuk diperhitungkan sebagai kandidat Pj Sekdaķab Sijunjung.Nama lain juga terdapat nama Yulizar, Kadis Perindagkop UKM yang juga dinilai pejabat senior.

Namun itu semua tergantung dari Bupati siapa yang akan dipilihnya. Karena itu hak prerogatif bupati.

“Tapi itu sejak sekarang harus disiapkan dan bupati harus melantik Pj Sekda. Pelantikan Penjabat Sekda tersebut dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kekosongan jabatan,”tambah sumber.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.