Delapan Walinagari di Sijunjung Mengundurkan Diri, Ini Penyebabnya

HLP

Bupati Benny Tunjuk Delapan ASN sebagai Pj Walinagari

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak delapan walinagari di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, mengundurkan diri dari jabatan sebagai walinagari. Apa masalahnya..?

Pengunduran tersebut disebabkan karena kedelapan walinagari mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilihan Umum 2024 mendatang.

idul adha

Tak ayal, terhitung pada Senin (2/10/2023-red), selain menunjuk sebanyak delapan aparatur sipil negara (ASN) sebagai Pejabat (Pj) walinagari, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si juga langsung melantik kedelapan ASN tersebut sebagai Pj Walinagari.

Pelantikan tersebut terkait kedelapan walingari maju sebagai kandidat calon legislatif di Pemilu Umum 2024 mendatang.

Untuk mengisi kekosongan jabatan walinagari, maka Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si melantik secara resmi delapan orang Penjabat Wali Nagari dan Ketua TP PKK Nagari pada Senin (2/10/2023) kemarin di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung.

Epi

Adapun Wali Nagari yang mengundurkan diri tersebut, antara Lain; Wali Nagari Sumpur Kudus, Syahrial  digantikan oleh Pj. Walinagari Ade Putra, S.Pt, Walinagari  Kumanis, Suniki Kamel digantikan oleh Pj. Walinagari Viktori, ST, Walinagari Palaluar Ebid Diana Putra digantikan oleh Pj. Walinagari Tria Hasrizal, A.Ma,  Walinagari Koto Tuo Pendri Yusman digantikan oleh Pj. Walinagari  Gon Hasri, Walinagari Pematang Panjang Rio Suzandi digantikan oleh Pj. Walinagari Julhaimi Putra, Walinagari Sinyamu Yuarlis digantikan Pj. Walinagari Fauzan, S.Sos, Walinagari Sungai Lansek Nafrizal digantikan oleh Pj. Walinagari Joni Edwar, S.Kom, kemudian yang terkahir Walinagari Kamang, Syafri, S. Sos digantikan oleh Pj. Walinagari, Mardalius, S.Sos.

Bupati Benny Dwifa Yuswir, atas nama Pemerintah Kabupaten Sijunjung, mengucapkan selamat kepada Penjabat Wali Nagari dan Ketua TP PKK Nagari yang baru dilantik dan diambil sumpah Jabatannya sevagai Pj Walinagari.

“Semoga amanah, dan mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam melaksanakan oembangunan dan pelayan kepada Masyarakat”.

“Kepada Walinagari yang telah diberhentikan dari jabatannya dan telah menyelesaikan tugas-tugasnya, kami juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan kepada nagari selama ini, dan semoga sukses dan terpilih dalam Pileg mendatang,” tambah Bupati.

“Sebagai salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan Otonomi daerah, Penjabat Walinagari harus lebih Aspiratif, kreatif, inovatif, dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi Masyarakat, kemudian tumbuh kembangkan terus partisipasi dan peran aktif Masyarakat Nagari,” harap Bupati.

“Dalam Masa tahapan Pemilu, baik Pileg, Pilkada maupun Pilpres tahun 2024, Penjabat Walinagari diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif ditengah masyarakat, agar tidak terjadi gesekan dan Konflik,” pinta Bupati Benny.

Hadir diacara pelantikan delapan orang Pj. Walinagari dan Ketua TP PKK Nagari tersebut, antara lain Wakil Bupati Sijunjung Iraddatilah, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin, Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa, Wakil Ketua TP PKK Ny. Donna Iraddatilah, Plh. Sekda Khamsiardi, Staf Ahli, Asisten, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Sijunjung, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Walinagari se-Kabupaten Sijunjung dan tamu undangan lainnya juga hadir.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.