Bupati Sijunjung Jadi Irup Di Hari Kesaktian Pancasila

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Muhammad Yamin Muaro, pada Senin (2/10/2023) kemarin berlangsung sukses.

Setelah transit dari Kantor Bupati setempat, Bupati Benny Dwifa didampingi Wakil Bupati Iraddatillah, Ketua DPRD Bambang Surya Irwan serta Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung memasuki tempat upacara sekitar pukul 07.55 WIB.

Turut hadir Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Sijunjung.

Adapun memperingati Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”

Bertindak sebagai komandan upacara Letda Czi Akmal dari Kodim 0310/SSD.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Epi

Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia yang telah gugur.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Bupati Benny Dwifa.

Selanjutnya, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Dufa Alfatih Siswa SMAN 1 Sijunjung.

Kemudian pembacaan Ikrar oleh Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan.

“Ikrar, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangan waspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” bunyi Ikrar Ketua DPR RI yang dibacakan Bambang Surya Irwan.

Usai pembacaan Ikrar, upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Yoni Hendra dari Kemenag Sijunjung. Kemudian, setelah menerima penghormatan kebesaran, Inspektur Upacara meninggalkan mimbar upacara. dicko

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.