Wakili Bupati, Ini yang Disampaikan Kadis PMN Sijunjung di Bimtek Gerakan PKK

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PPK) Kabupaten, Kecamatan, dan Nagari se Kabupaten Sijunjung  mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK oleh TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang di laksanakan di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati setempat pada Rabu (4/10/2023) kemarin.

Bupati Sijunjung diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Joni Antonius, S.Hut.T pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat atas terlaksananya kegiatan Bimbingan Teknis Gerakan PKK di Kabupaten Sijunjung. Sehingga dapat membekali semua Tim Penggerak PKK untuk makin aktif dan inovatif ditengah masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program kegiatan pemerintah.

Ia mengatakan, Keberhasilan pelaksanaan program PKK ditentukan oleh adanya sinergitas antara gerakan keswadayaan, partisipasi masyarakat serta bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi/lembaga terkait.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap Pengurus Tim Penggerak PKK, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, nagari dan jorong beserta seluruh kader, baik Kader PKK, Posyandu dan kader Keluarga Berencana, yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah kita ini,”ujar Joni.

Ia berharap Bimbingan Teknis ini sebagai ajang peningkatan kapasitas diri dan menambah ilmu pengetahuan dan berharap agar peserta Bimtek dapat mengikuti Bimtek ini dengan serius sehingga, pengetahuannya dapat bisa diaplikasikan di masing-masing kecamatan dan Nagari nantinya

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat diwakili, Wakil Ketua II, Ny. Lina Hansastri mengatakan, bahwa kedatangan TP PKK Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Sijunjung selain mempererat silaturahmi dan menciptakan rasa kebersamaan, juga untuk melaksanakan bimbingan teknis gerakan PKK tahun 2023.

Epi

Pembinaan ini penting dilakukan untuk mensosialisasikan kembali program unggulan dari masing-masing pokja juga sekretaris, serta memberikan motivasi dan wawasan terkait PKK kepada TP PKK di Kabupaten Sijunjung. Dimana dalam setiap program kegiatan tersebut disesuaikan dan diselaraskan dengan program dan kebijakan pemerintah daerah, serta dalam penerapannya harus menggunakan pendekatan partisipatif dan kerjasama lintas sektor,”ujarnya.

Ny. Lina mengatakan, Ada empat komponen program yang sejalan dengan 10 program pokok pkk yakni kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial. Ke empat program tersebut menjadi landasan TP PKK dalam menentukan prioritas program yang berkaitan dengan fungsi dari empat kelompok kerja (Pokja).

Untuk mengefektifkan pelaksanaan kegiatan PKK di Provinsi Sumatera Barat, maka setelah kami memberikan bimtek ini, saya berharap kepada TP PKK Kabupaten Sijunjung, selanjutnya juga melakukan pelatihan secara berjenjang ke tingkat kecamatan dan TP PKK nagari, serta kelompok dusun/jorong sampai ke kelompok dasawisma secara kontiniu didaerah masing-masing nantinya,”harap Lina.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Donna Iraddatillah, dalam Perayaannya mengatakan bahwa untuk nagari gerakan PKK Kabupaten Sijunjung tahun 2023 ditetapkan di Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang dengan 5 jenis kategori lomba akan diikuti, yaitu lomba kelembagaan dan tertib administrasi PKK(Sekretaris), lomba pola asuh anak dan remaja di era digitalisasi (Paaredi) (Pokja I), lomba kelompok UP2K-PKK (Pokja II), lomba kawasan aku jantung PKK (Pokja III), dan Lomba PHBS Plus (Pokja IV).

“Dalam upaya pelaksanaan gerakan PKK terutama dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK, sudah banyak yang dilaksanakan, namun kami meyakini bahwa nagari-nagari tersebut masih perlu mendapatkan pembinaan secara terpadu baik dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, maupun tingkat provinsi dari 5 bidang nagari gerakan PKK ini,”ujar Dona.

Ia menambahkan bahwa apa yang telah dilakukan masih perlu dilanjutkan karena masih banyak kekurangan, “oleh karena itu ada beberapa kegiatan di tahun 2023 yang akan kami lakukan bekerjasama dengan OPD terkait dalam rangka pelatihan 10 program pokok PKK terhadap TP PKK Nagari di Kabupaten Sijunjung. Untuk itu kami mohon pembinaan dan bimbingan dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat,”harap Ny. Donna Iraddatillah. andri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.