Disiarkan Langsung dari Gedung Pancasila Muaro Sijunjung Sumbar, Rakornas Geopark Indonesia Dimulai

HLP

Gubernur Sumbar Mahyeldi Hadiri Gala Dinner Rakornas Geopark Indonesia 2023

idul adha

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gubernur Sumatera Barat secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perencanaan 2023 Geopark Indonesia pada Senin pagi 20 November 2023 di Muaro Sijunjung.

“Sumbar telah memiliki tiga geopark nasional, yaitu Geopark Silokek, Geopark Sawahlunto serta Geopark Sianok Maninjau,” ujar gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, ST, MM.

“Geopark Silokek telah diajukan sebagai Unesco Global Geopark (UGGp), namun ada beberapa hal yang masih perlu penyempurnaan,” lanjut Kepala Bappeda Sumbar.

Epi

Sementara, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dalam kesempatan itu menyambut hangat kehadiran ratusan peserta, tamu dan undangan.

“Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2022-2026 temanya yaitu Integrasi Geopark Ranah Minang Silokek secara Lintas Sektoral dan Wilayah dalam mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera dan Berkeadilan,” ujar Benny memaparkan.

Rakornas hari ini, diisi dengan arahan Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya Alam (Bappenas), materi oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Kemdagri), kemudian materi Deputi Bidang Pengawasan Keuangan (BPKP).

Selanjutnya materi oleh Badan Pengelola Geopark Merangin, FGD dan konsultasi publik draf Juknis Rencana Induk Pengembangan (RIP) geopark.

Diluar arena Rakornas, juga terlihat puluhan UMKM yang menawarkan aneka produk khas daerah kepada para pengunjung..*

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.