RGI Di Ranah Minang Sijunjung, Ini yang Disampaikan Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Dr.Vivi Yulaswati, MSc ,M.Sc

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas, Dr.Vivi Yulaswati, MSc , membuka Rakornas Geopark Indonesia (RGI) di Gedung Pancasila Muaro, kawasan daerah Geopark Ranah Minang Silokek, Senin, (20/11/2023).

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas Dr.Vivi Yulaswati, MSc

Vivi Yulaswati dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan Perencanaan Pembangunan Geopark di Indonesia meliputi 12 target Geopark Global dalam RPJMN 2020-2024.

idul adha

Selain itu juga disampaikannya, bahwa di Indonesia saat ini punya 10 Geopark Global dan 9 Geopark Nasional serta rencana aksi Nasional pengembangan Geopark dengan pelaksanaan sinkronisasi, monitoring dan evaluasi RAN pengembangan Geopark.

Kegiatan Rakornas Geopark Indonesia itu, merupakan rapat evaluasi program tahun 2023 dan menyusun program kerja tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 23 Kementerian dan kelembagaan, 11 orang dari unsur Pemda Provinsi Sumbar, Bupati atau Ketua Bappeda dari Sijunjung, Agam, Sawahlunto dan Bukittinggi, 10 orang BP UNESCO Global Geopark (UGGp) dan 9 orang BP Geopark Nasional, 16 orang Pakar, Akademisi dan Asosiasi Profesi.

Epi

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengatakan, Pemda Sijunjung saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan program/ kegiatan yang terintegrasi seluruh perangkat daerah, berkolaborasi dengan para pihak dalam menjalankan arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2022-2026 dengan tema ” Integrasi Geopark Ranah Minang Silokek Secara Lintas Sektoral dan Wilayah Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera dan Berkeadilan”.

 

Deputi Bidang Kemartiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas RI, DR.Vivi Yulaswati, M.Sc, didampingi Kadis Parpora Sijunjung, Afneldi berkunjung ke Geopark Silokek

Tema pembangunan ini, ditetapkan dalam upaya mendukung Geopark Ranah Minang Silokek (GRMS) menuju Unesco Global Geopark (UGGp) yang tentunya secara tidak langsung akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sijunjung melalui kunjungan wisatawan, meningkatnya Jasa Transportasi, Akomodasi.

Selain itu, peningkatan Sumber Daya Manusia dan Penguatan Kelembagaan Badan Pengelolaan Geopark menjadi salah satu prioritas mempersiapkan para pihak dalam pengelolaan dan pengembangan geopark terutama pengelola geosite, kelompok masyarakat, tenaga pendidik dalam upaya konservasi edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Dibalik Suksesnya Geopark Indonesia di Ranah Minang Silokek Sijunjung Tak Terlepas dari Kakok Tangan Dingin Bupati-Wabup Benny-Radi

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, hari ini kita melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Perencanaan Nasional Geopark Tahun 2023 dan Geopark Ranah Minang Silokek (GRMS) Kabupaten Sijunjung dipercaya oleh Bappenas sebagai tuan rumah mudah mudahan pelaksanaan Rakornas ini berjalan dengan lancar dan dapat merumuskan kebijakan kebijakan strategis dalam upaya menyelamatkan bumi dan mensejahterakan masyarakat.

Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Bappeda menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Daerah Sumatera Barat mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi peserta Rapat Koordinasi Nasional Perencanaan Geopark Indonesia Tahun 2023 di Sumatera Barat khusus di Kawasan Geopark Ranah Minang Silokek ini. Semoga nanti dapat memberikan pencerahan pada pengembangan Geopark di Sumatera Barat dan para delegasi dapat menikmati alam ranah minang di Kawasan Geopark Nasional Silokek.

Dikatakannya, saat ini Provinsi Sumatera Barat telah memiliki tiga Geopark Nasional yakni Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau, Geopark Nasional Sawahlunto dan Geopark Nasional Silokek dan enam aspiring geopark yaitu, aspiring Geopark Singkarak, aspiring Geopark Harau, aspiring Talamu, aspiring Solok Selatan, aspiring Dharmasraya dan aspiring Pasaman.hm/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.