Di HJK ke-75, Bupati Benny Dwifa Launching Layanan Emergency 112 dan MPPD Sijunjung

Jurnal Sumbar
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-75, pada Minggu (18/2/2024) ditandai dengan Launching Layanan Emergency 112 dan Mall Pelayanan Publik Digital (MPPD)—dilakukan Bupati Sijunjun, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si dan disaksikan Mendagri diwakili Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si serta Gubenur Sumbar.

Peringatan HJK Sijunjung ke-75 itu ditandai dengan sidang paripurna istimewa DPRD setempat.

Sebelum sidang paripurna istimewa DPRD dimulai, rombongan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si dan Gubernur Sumbar serta undangan lainnya disambut tari tradisional dan kunjungan stand UMKM.

Di gedung DPRD, sebelum acara dimulai, kegiatan diwarnai dengan Launching Kegawatdaruratan (Emergency) 112 dan Launching MPPD yang dilakukan Bupati Sijunjun, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si dan disaksikan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si serta Gubenur Sumbar. Wabup Sijunjung, H.Iraddatillah, S.Pt dan pimpinan DPRD serta Forkopimda dan undangan lainnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, menyebutkan, pemerintah pada hakekatnya adalah pelayan masyarakat, dimana birokrasi pemerintahan yang berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan layanan publik yang baik dan profesional dan itu sejalan dengan visi-misi utama Bupati-Wakil Bupati Sijunjung.

Penanganan kegawatdaruratan sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat.

“Ini merupakan salahsatu upaya pemerintah daerah dalam mempercepat pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kondisi gawat darurat termasuk dalam pelayanan Mall Pelayanan Publik Digital (MPPD) di Ranah Lansek Manih yang kita cintai ini,”ucap Bupati Sijunjung.

“Mall Pelayanan Publik Digital (MPP Digital) Sijunjung adalah digitalisasi mall pelayanan publik melalui website yang merangkum beragam informasi sesuai kebutuhan masyarakat Sijunjung,”tambah bupati.

Kepala Dinas PTSP, Jaheri menyebutkan, MPP Digital dilengkapi dengan tampilan pengalaman pengguna dalam mengunjungi bangunan Mall Pelayanan Publik secara virtual.

Ditempat terpisah, Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP, kehadiran Layanan Emergency 112 dalam upaya menuntaskan misi I Daerah yang tertuang pada RPJMD tahun 2021 – 2026, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien, reponsif perbaikan reformasi birokrasi.

“Nomor darurat 112 bisa dihubungi melalui telepon seluler maupun telepon rumah, dengan panggilan ini bebas biaya dan dapat dilakukan, bahkan dalam kondisi ponsel tanpa SIM card,”jelas putra asli Nagari Tanjung, Koto VII, Kabupaten Sijunjung.

Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP

Ditambahkan David, keberadaan Call Centre tersebut, diharapkan dalam mendukung pelaksanaan Smart City dan implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sijunjung, Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat Call Center 112 yang hari (Minggu, 18 Februari 2024-red) ini, di lunching bertepatan di HJK Sijunjung ke-75.

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius, menyambut postif terhadap Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat dan MPP Digital itu.

“Hendaknya panggilan darurat 112 dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan segala bentuk situasi gawat darurat dan laporan lainnya dengan hanya menghafal satu nomor panggilan darurat yaitu nomor 112”.

“Tentu diharapkan adanya dukungan penuh oleh semua OPD Kabupaten Sijunjung, diharapkan Layanan Panggilan Darurat 112 dapat menangani situasi kegawatdaruratan pada masyarakat selama 24 jam/7 hari secara gratis, mudah diingat dan berstandar internasional, dan begitu juga MPP Digital dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat,”harap wartawan utama itu.

“Keberadaan Call Centre dan MPP Digital tersebut, diharapkan hendaknya mampu melayani masyarakat dan terjangkau hingga ke jorong-jorong yang ada di 61 nagari satu desa dalam Kabupaten Sijunjung,”tambah Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

PERANTAU SIJUNJUNG

Layanan 112 itu, sambungnya, diharapkan bukan hanya masalah bencana atau peristiwa saja, tapi bisa juga penyampaian soal infrastruktur jalan rusak tak bisa dilewati misalnya, dan tentu operator yang bertugas bisa memahami laporan masyarakat dan setiap laporan harus ditindak lanjuti.

“Kita memberi apresiasi pada Dinas Kominfo dan Dinas PMPTSP atas langka maju tersebut yang terus berinovasi, seharusnya pimpinan OPD itu memang begitu memperbanyak inovasi yang lebih kreatif,”imbuhnya.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD di HJK ke-75 itu dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Bambang Surya Irawan. Ketua DPRD didampingi Wakilnya, Syofyan Hendri dan Radi Susilo dan dihadiri anggota DPRD setempat.

Selain dihadiri Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si, H. Iradatillah, S.Pt, juga dihadiri Pj Sekdakab Drs. Endi Nasir, unsur Forkopimda Sijunjung, Ketua TP PKK, Ny.Riri Dwifa Ketua GOW Ny. Dona Radi, para bupati/walikota se-Sumbar juga hadir termasuk sejumlah tomas, unsur parpol dan ormas serta undangan provinsi tetangga juga hadir di acara HJK ke-75 Sijunjung tersebut.

Dalam sidang paripurna tersebut, Ketua DPRD Bambang Surya Irawan juga menyampaikan berbagai hal tentang kemajuan Sijunjung.

Hari Jadi ke-75 Kabupaten Sijunjung (Sumbar) diperingati dengan Rapat Paripurna DPRD Sijunjung, dan bertabur dengan kehadiran tokoh-tokoh daerah hingga tokoh nasional, pada Minggu (18/2/2024) itu.

Tokoh masyarakat Sijunjung, Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd, mengapresiasi atas pencapaian kemajuan Sijunjung diusia yang ke-75.

Ia juga memuji atas pencapaian pembangunan yang dilakukan Pemkab Sijunjung yang saling berkolaborsi dalam membangun di Ranah Lansek Manih.

Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd,Tokoh Masyarakat Sijunjung

Dalam sambutannya itu, ia juga menyampaikan soal infrastruktur yang belum memadai. Penanganan stunting dan masalah kesehatan lainnya termasuk BPJS juga disampaikannya. “Selamat Hari Jadi Kabupaten Sijunjungke-75,”ucapnya.

Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, SP diwakili Asisten II, Arry Yuswandi

Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, SP diwakili Asisten II, Arry Yuswandi, dalam sambutannya, menyampaikan, ucapan selamat hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-75.

Pada kesempatan itu, mantan Kabid Pelayanan RSUD Sijunjung tersebut membacakan sambutan tertulis Gubernur Sumbar. Ia juga menyampaikan selamat pada Pemkab Sijunjung atas pencapaian kemajuan yang diraih Sijunjung.

“Kalau dulu, Sijunjung dikenal dengan sebutan kabupaten Mentawai kedua dan berada diurutan 18. Sejarang Sijunjung sudah berada diperingkat 12 pencapaian IPM nya di Sumbar,”ucap gubernur mengapresiasi pencapaian kemajuan Sijunjung.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si ,

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si , juga memuji atas pencapain Pemkab Sijunjung dalam mengupayakan peningkatan pembangunan.

Ia juga mumuji pencapaian MPPD yang baru di launching. “Selamat dan sukses pada Pemkab Sijunjung yang sudah memiliki MPPD,”sebut Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si , bangga atas kemajuan Sijunjung. Dirgahayu Kabupaten Sijinjung ke-75,”papar Ditjen Bina Pemdes Kemendagri itu sembari berpantun.

Tampak hadir Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si Gubernur Sumatera Barat Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Sijunjung, Bupati/Wako se-Sumbar, mantan Bupati Sijunjung dua periode Drs. H. Yuswir Arifin, MM., mantan Wabup Mukhlis Anwar dan Anggota Komisi II DPR-RI Guspardi Gaus dan sejumlah tokoh perantau Sijunjung juga hadir.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si yang didampingi Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt, mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi ke-75 dilaksanakan dalam keadaan sederhana.

Dalam sambutanya, ia menyampaikan tentang pencapaian kemajuan Kabupaten Sijunjung. Benny juga mengapresiasi jajarannya dalam pencapaian krmajuan Sijunjung. Secara gemblang ia menyanpaian tentang kemajuan Sijunjung.

Termasuk upaya penurunan stunting, peningkatan pembangunan dan soal.kesehatan serta program stratrgis juga disampaikan Bupati Sijunjung. Soal pelayanan publik juga disampaikan bupati, termasuk peluncuran Mall Pelaynan Publik Digital (MPPD) dan siaga 112 yang diluncurkan pad HJK ke-75  itu juga disampaikan bupati. indrayadi *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.