Ketua DPRD Sijunjung BSI Pimpin Sidang Istimewa Paripurna HJK ke-75, Ini yang Disampaikannya

934

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sidang Istimewa Paripurna Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung, Sumatera Barat ke-75, pada Minggu (18/2/2024) dipimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sijunjung, Bambang Surya Irawan(BSI).

Ketua DPRD sendiri didampingi Wakil Ketua, Syofyan Hendri dan Redi Susilo.

Puncak HJK ke-75 di Gedung DPRD Sijunjung itu juga dihadiri Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si dan Wabup H.Iraddatillah,S.Pt, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si serta Gubenur Sumbar diwakili Asisten 2, Ary Suardi, S.KM, pimpinan DPRD, para Bupati/Walikota se-Sumbar serta Forkopimda, pimpinan OPD dan undangan lainnya juga hadir.

Dalam sidang paripurna itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sijunjung, Bambang Surya Irawan(BSI) menyampaikan ucapan selamat HJK ke-75.

Di HJK ke-75, Bupati Benny Dwifa Launching Layanan Emergency 112 dan MPPD Sijunjung

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sijunjung, menyampaikan sejarah lahir Kabupaten Sijunjung.

Pada kesempatan itu, BSI mengisah perjuangan Kabupaten Sijunjung, pada tanggal 28 Februari 1949 dilaksanakan rapat yang lebih lengkap, dihadiri tokoh masyarakat dan komandan front Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Di sini, Tantuah Bagindo Ratu, sesuai SK Gubernur Militer Sumatra Barat Nomor: 49/G.M.Ist-1949 tanggal 18 Februari 1949, diresmikan menjadi Bupati Militer Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Pada  tanggal 17 Mei 1949, pemerintah darurat Republik Indonesia mengadakan rapat di Sumpur Kudus yang dilanjutkan lagi dengan rapat khusus mengenai Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung. Dalam rapat khusus ini hadir tokoh-tokoh, antara lain Mr. Muhammad Rasyid (Gubernur Militer Sumatra Barat), Juwir Muhammad dan H. Ilyas Yakub (staf penasehat gubernur), Bupati Militer Sawahlunto/Sijunjung Tantuah Bagindo Ratu bersama staf, H. Rusli Abdul Wahid (Wedana Sijunjung), Nurdin Datuk Majo Sati (Wedana Sawahlunto), Rustam Efendi (Wedana Tanjung Ampalu) dan lain-lain.

Rapat tersebut melahirkan keputusan, antara lain, Bupati Militer Sulaiman Tantuah Datuk Bagindo Ratu dipindahkan ke pemerintahan pusat. Ahmad Jarjis Bebas Thani, Sekretaris Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, ditunjuk melaksanakan tugas Bupati Militer Sawahlunto/Sijunjung, sebagai Plt. Keputusan lain penggantian beberapa wedana dan camat.

Ia juga memaparkan tentang pimpinan Sijunjung yang terus berganti dan kini dijabat Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan H. Iraddatillah,S.Pt.

 

“Banyak pencapaian yang diraih Sijunjung dari segala bidang dan kami apresiasi atas adanya kemajuan yang diraih Sijunjung. Dirgahayu Sijunjung,”ucap Ketua DPRD Sijunjung itu.

Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-75, pada Minggu (18/2/2024) itu sendiri ditandai dengan Launching Layanan Emergency 112 dan Mall Pelayanan Publik Digital (MPPD)—dilakukan Bupati Sijunjun, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si dan disaksikan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si serta Gubenur Sumbar serta Ketua DPRD Sijunjung, BSI dan dua pimpinan DPRD.

Sebelum sidang paripurna istimewa DPRD dimulai, rombongan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si dan Gubernur Sumbar serta undangan lainnya disambut tari tradisional dan kunjungan stand UMKM.

Di gedung DPRD, sebelum acara dimulai, kegiatan diwarnai dengan Launching Kegawatdaruratan (Emergency) 112 dan Launching MPPD yang dilakukan Bupati Sijunjun, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si dan disaksikan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr. Drs. La Ode Ahmad P.Bolombo, AP., M.Si serta Gubenur Sumbar. Wabup Sijunjung, H.Iraddatillah, S.Pt dan pimpinan DPRD serta Forkopimda dan undangan lainnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, menyebutkan, pemerintah pada hakekatnya adalah pelayan masyarakat, dimana birokrasi pemerintahan yang berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan layanan publik yang baik dan profesional dan itu sejalan dengan visi-misi utama Bupati-Wakil Bupati Sijunjung.

Kabag Persidangan dan Perundang – undangan, Doni Novrizon,SH,

Kabag Persidangan DPRD Sijunjung, Doni Novrizon,SH,MM, mengaku bangga atas telah terlaksananya sidang istimewa paripurna DPRD Sijunjung tersebut.

“Alhamdulillah, atas kolaborasi semua unsur, baik bagian Sekretariat DPRD maupun Sekretariat Pemkab, sidang istimewa paripurna DPRD di HJK Sijunjung ke-75, berjalan sukses dan lancar,”ucap mantan Kabid Dinas Perkim LH itu bangga didampingi Kasubag Humasnya Amirican. */indrayadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here