Disnaker Sijunjung Latih 48 Calon Tenaga Kerja, Ini Pesan Bupati Benny Dwifa Yuswir

792

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi tahap I kejuruan asisten pembuat pakaian, pratical office advance dan pembuatan roti dan kue yang dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Muaro Sijunjung pada Senin (12/2/2024).

Pembukaan ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Bupati Benny Dwifa kepada perwakilan peserta didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa, Kepala BPVP Padang yang diwakili Direktur LSP, Baitul Makmur Alvarabi, Kadis Nakertrans, Khamsiardi, SSTP, M.Si Kadis Dagperinkop dan UKM, Ir. Yulizar, MP, Camat se Kabupaten Sijunjung.

Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa mengatakan, bahwa berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam mengurangi pengangguran, salah satunya adalah dengan melaksanakan pelatihan pelatihan kerja bagi calon tenaga kerja.

“Saat ini dan masa yang akan datang dunia industri dan dunia usaha menuntut calon tenaga kerja yang memiliki skil dan pengetahuan sehingga dapat langsung terjun kedunia kerja, oleh karena itu sudah keharusan bagi pemerintah untuk menyiapkan calon tenaga kerja yang siap pakai sehingga tenaga kerja kita dapat bersaing dengan tenaga kerja negara lain hendaknya,”ujarnya

Bupati berharap kepada peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan sebaik baiknya, sehingga mendapatkan ilmu dan keterampilan untuk bekal masa depan.

“Ikutilah dengan sungguh sungguh pelatihan ini, semoga setelah mengikuti pelatihan nanti bisa menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Sijunjung,”harap Bupati Benny Dwifa.

Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang yang diwakili Direktur LSP, Baitul Makmur, Alvarabi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada peserta yang terlihat sangat bersemangat untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan itu akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi peserta dan juga dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Sijunjung nantinya.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, peserta mendapatkan ilmu nanntinya yang bisa dikembangkan dalam membuka usaha kedepannya. Oleh karena itu ikutilah pelatihan ini dengan serius,”harapnya

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah dalam rangka mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten, memiliki etos kerja yang tinggi, dan berdaya saing sehingga dapat langsung diserap dunia kerja dan mampu membuka lapangan kerja secara mandiri.

Pelatihan tersebut, kata  Khamsiardi diikuti oleh 48 orang peserta dari nagari-nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung—yang dilaksanakan selama 22 hari, dimulai dari 13 Februari hingga selesai nantinya.and/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here