Gantikan Zefnihan, Mendagri Tunjuk Putra Mantan Wabup Sijunjung sebagai Pj Walikota Sawahlunto

Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik Fauzan Hasan yang merupakan putra dari mantan Wabup Sijunjung sebagai Pj Wali Kota Sawahlunto pada Kamis (25/4/2024).

JURNAL SUMBAR | Padang – Menteri Dalan Negeri (Mendagri) menunjuk Fauzan Hasan menjabat sebagai penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Sawahlunto menggantikan Zefnihan.

Padahal, Zefnihan baru menjabat selama tujuh bulan empat hari. Sekretaris Daerah (Sekda) Sijunjung itu dilantik menjadi Pj Wako Sawahlunto pada Kamis (21/9/2023) lalu.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo kepada wartawan mengatakan, sebetulnya Zefnihan selama menjabat sebagai Pj punya kinerja yang bagus. Doni mengaku kaget Zefnihan diganti oleh Mendagri.

Isu Jelang Pilwakot, Pj Walikota Sawahlunto Zefnihan Dikabarkan Diganti Mendadak, Ada Apa..?

“Menurut pandangan kami di provinsi sebenarnya kinerjanya bagus, artinya dalam hal kerjasama, menyelesaikan program, perencanaan, pembangunan semuanya bagus, tapi kami juga kaget kemarin ada penilaian yang menyebabkan beliau diganti,” kata Doni seperti dilansir TribunPadang.com, Kamis (25/4/2024) sore.

Namun menurut Doni, penilaian sehingga Zefnihan diganti barangkali ada kaitannya dengan kunjungan Mendagri ke Padang beberapa waktu lalu.

“Ada tiga Pj yang waktu itu tidak hadir, salah satunya Sawahlunto, mungkin itu jadi salah satu pertimbangan saya tidak tahu juga,” imbuh Doni.

Di samping itu ia menjelaskan, setiap penjabat kepala daerah setiap tiga bulan memang dievaluasi oleh Kemendagri.

KLB


Evaluasi itu, katanya, meliputi banyak hal, diantaranya kegiatan yang berkaitan dengan fungsi jabatan wali kota, hingga penugasan-penugasan khusus yang diberikan Kemendagri kepada pejabat tersebut.

“Evaluasi sekali tiga bulan itu yang menjadi pedoman dari Kemendagri,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Mendagri Tito Karnavian sebelumnya menghadiri peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas tingkat nasional di Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/3/2024).

Sebelum sertijab Pj Wako, Zefnihan masih pimpin apel

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi melantik Fauzan Hasan sebagai Penjabat Wali Kota Sawahlunto di Istana Gubernur Sumbar pada Kamis (25/4/2024) sore.

Fauzan Hasan ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menggantikan penjabat wali kota sebelumnya yakni Zefnihan.

Penunjukan Fauzan Hasan sebagai Penjabat Wali Kota Sawahlunto itu tertuang dalam Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3-968 tahun 2024.

Untuk diketahui, Fauzan Hasan sebelumnya menjabat sebagai asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri.

Gubernur Sumbar melantik Fauzan Hasan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto menggantikan Pj sebelumnya, Zefnihan, Kamis (25/4/2024) di Padang.

Ia merupakan anak Prof. DR. Hasan Zaini, Wakil Bupati Sijunjung periode 2000-2005. Ia juga pernah sebagai staf di bagian Tapem Setdakab Sijunjung.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya menekankan agar Fauzan Hasan dalam menjalankan tugas ke depannya terus bersinergi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

“Tentunya juga Pak Fauzan mesti segera bersinergi dengan Forkopimda Sawahlunto,” ujar Mahyeldi.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.