Desa Wisata Sisawah Sijunjung Masuk Nominasi 100 Besar ADWI 2024

HLP

Desa Wisata Sisawah Sijunjung yang Mempedona

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sembilan desa wisata berada di Sumatera Barat masuk babak 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menariknya, dari 9 desa wisata di Sumatera Barat yang masuk 100 besar. Salah satunya, Desa Wisata Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung.

idul adha

Sisawah adalah Nagari di Kecamatan Sumpurkudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Luas Nagari: 70 kilometer persegi, atau 12,08 persen dari luas wilayah Kecamatan Sumpurkudus.

Hal itu diumumkan langsung oleh Kemenparekraf melalui akun media sosial official ADWI @anugerahdesawisataindonesia.

Diketahui, ADWI merupakan ajang penghargaan bagi desa wisata terbaik di Indonesia. Dalam pelaksanaan ADWI 2024 ini mengambil tema ‘Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia’ yang melibatkan beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi seluruh peserta antara lain daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, serta pengelolaan berkelanjutan.

Setiap desa wisata juga harus memiliki kemampuan pengelolaan berkelanjutan, ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya dan aspek lingkungan serta wajib menyediakan informasi potensi wisatanya, atraksi, paket wisata dan lainnya.

ADWI 2024 ini terbagi kedalam 7 kategori yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, Desa Wisata Mandiri, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berkelanjutan.

Epi

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan ADWI 2024 bertujuan untuk mendorong pengembangan desa wisata di Indonesia, meningkatkan daya saing desa wisata, dan menjadikan desa wisata sebagai lokomotif ekonomi kreatif di pedesaan.

“ADWI ini bukan hanya kompetisi, tapi juga pembinaan. Kita ingin desa wisata di Indonesia menjadi desa wisata yang berkualitas, berkelanjutan, dan berdaya saing,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Kompetisi ADWI ini cukup menarik banyak minat desa wisata. Terbukti, 6.010 desa wisata mengikuti kompetisi ini.

Dari 6.010 desa wisata tersebut, sekarang sudah memasuki babak 100 besar. Dari 100 besar nanti diumumkan menjadi 50 besar.

Adapun ke sembilan desa wisata di Sumbar yang masuk 100 besar ADWI 2024 tersebut berasal dari dari Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Sijunjung.

Kemudian, ada desa wisata dari Padang Pariaman, Agam, Limapuluh Kota dan Padang. Berikut 9 desa wisata di Sumbar yang masuk 100 besar ADWI 2024:

1. Desa Wisata Sungai Nyalo (Pesisir Selatan)
2. Desa Wisata Ekowisata Berbasis PRB Nagari Amping Parak (Pesisir Selatan)
3. Desa Wisata Danau Diateh – Alahan Panjang (Kabupaten Solok)
4. Desa Wisata Sisawah (Sijunjung)
5. Desa Wisata Sintuak (Padang Pariaman)
6. Desa Wisata Simarasok (Agam)
7. Desa Wisata Pesona Pagadih (Agam)
8. Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram (Limapuluh Kota)
9. Desa Wisata Teluk Buo

Penyeleksian desa wisata ini akan terus berlangsung hingga didapatkan 50 besar ADWI 2024.dikco

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.