MTQ Nasionsl ke-41 tingkat Kabupaten Berakhir, Kamangbaru Juara Umum, Disusul Sijunjung dan Koto VII

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Selain sukses dalam penyelenggaraan, ternyata Kafilah Kecamatan Kamangbaru juga berhasil meraih Juara Umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, Kecamatan Kamangbaru berhasil meraih juara umum. Ini memang prestasi luar biasa, selain sukses dalam penyelenggaraan sebagai tuan rumah, ternyata Kecamatan Kamangbaru juga berhasil meraih prestasi gemilang sebagai juara umum,”kata Camat Kamangbaru, Asrijal,S.H., usai menerima piala bergilir yang diserahkan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang juga Wabup Kabupaten Sijunjung, H.Iraddatillah,S.Pt.,

Penyerahan piala bergilir kepada Camat Kamangbaru sebagai juara umum itu juga disaksikan Sekdakab Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP.,M.Si., dan Kakanmenag Sijunjung.

MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Sijunjung di Kecamatan Kamangbaru itu dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berlangsung sejak Senin (24/6/2024) yang ditandai dengan pemukulan bedug, dan berakhir pada Kamis (27/6/2024) dan ditutup secara resmi oleh Wabup Sijunjung, H.Iraddatillah,S.Pt.,

Disaat pembukaan, Gubernur berharap, ajang tersebut akan melahirkan qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Sumbar pada ajang serupa di tingkat nasional hingga internasional.

Begitu juga Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir mengapresiasi Camat Kamang Baru, unsur Forkopincam, wali nagari serta berbagai pihak yang ikut membantu dan mensukseskan pergelaran MTQ tersebut.

Epi

Ia berharap dengan adanya pergelaran MTQ dapat menjadikan sarana pendekatan diri pada Allah SWT.

“MTQ agenda yang dilakukan mulai tingkat nagari sampai nasional bahkan kejuaraannya pun meliputi internasional hingga menimbulkan semangat memahami serta cinta terhadap alquran,” katanya saat itu.

Disaat penutupan, Wabup H.Iraddatillah,S.Pt., mengatakan, dengan adanya MTQ ini maka generasi muda dapat menjadi bibit unggul dalam menghasilkan qori-qoriah hebat.

Camat Kamang Baru, Asrijal, menjelaskan MTQ ke-41 diikuti peserta delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung dengan sembilan cabang lomba yang pelaksanaan lomba MTQ tersebar dibeberapa Masjid yang ada di Kecamatan Kamangbaru.

“Alhamdulillah, MTQ ke-41 sudah berakhir, dan terimakasih kami ucapkan pada semua pihak atas suksesnya pelaksanaan MTQ ini. Kami juga minta maaf pada semua kafilah jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan,”sebut mantan Camat Kupitan itu.

Selain Kamangbaru sebagai juara umum, diposisi kedua diraih kafilah Sijunjung dan juara tiga diraih kafilah Kexamatan Koto VII.

Menurut camat, diposisi ke-empat dengan nilai yang sama diraih kafilah IV Nagari dan Sumpurkudus. Sedangkan posisi kelima diraih kafilah Tanjung Gadang dan posisi ke-enam di raih kafilah Kupitan dan juru kunci kafilah Kecamatan Lubuktarok hanya bertengger di posisi ke-7, buncit.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.