Ninik Mamak Nagari Muaro Takung Dukung Benny Dwifa Yuswir – Iraddatillah sebagai Cabup – Cawabup Sijunjung 2024 – 2029

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, mulai memanas.

Apalagi, belakangan di kawasan selatan Ranah Lansek Manih itu bermunculan poster-poster calon kandidat yang siap bertarung di Pilkada 27 November 2024 mendatang sebagai penantang petahana.

Poster-poster itu terpajang disepanjang jalan bertepatan diacara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) nasional ke-41 tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kehadiran poster-poster kandidat itu menyentak perhatian publik yang melihatnya. Terlihat ada poster Mukhlis,S.HI., dan Hendri Susanto dengan isyarat bakal jadi penantang petahana di Pilkada Sijunjung 27 November 2024 itu.

Tak beberapa lama kemudian beredar pula selebaran surat dukungan dari Ninik Mamak Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamangbaru, yang menyatakan siap mensukseskan Pilkada dan mendukung penuh pencalonan Benny Dwifa Yuswir – Iraddatillah sebaga Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sijunjung 2024 – 2029.

Selebaran surat tanpa matrai itu ditandatangani oleh 10 ninik mamak Nagari Muaro Takung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, yang menyatakan dukungannya pada petahana, termasuk didalamnya ada nama Bupati Sijunjung 2010-2015, 2015-2020, Drs. H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo ikut menandatangani yang merupakan orangtua kandung dari petahana.

Epi

Surat dukungan itu mengingatkan ketika calon kepala daerah dipilih oleh anggota DPRD. Kini, dukungan seperti itu muncul kembali.

Parizal J Dt Bagindo Sutan alias Dt Pucuk salah seorang tokoh ninik mamak Muaro Takung membenarkan selebaran surat dukungan itu.

“Benar, kami yang membuat surat pernyataan itu. Kami semua siap mensukseskan pelaksanaan Pilkada dan mendukung sepenuhnya Benny Dwifa Yuswir – Iraddatillah sebaga Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sijunjung 2024 – 2029,”kata Datuk Pucuk via telepon selularnya, Rabu (26/6/2024) keredaksi Jurnalsumbar.Com.

 

Parizal J Dt Bagindo Sutan alias Dt Pucuk

“Yang jelas, untuk periode 2024 – 2029 kami beri kesempatan untuk Benny Dwifa Yuswir – Iraddatillah sebaga Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sijunjung. Setelah itu terserah siapa nantinya yang akan memimpin”.

“Banyak prestasi yang telah diraihnya termasuk berbagai perubahan. Untuk itu pula kami memberikan dukungan dan juga siap memenangkan Benny-Radi untuk dua periode ini,”tegas Dt Pucuk.

Ia menegaskan, selebaran surat dukungan itu benar dan bukan Hoax. “Kami yang menandatanganinya dan itu pernyataan sikap dari Ninik Mamak,”paparnya.

Mukhlis,S.HI., Anggota DPRD Sijunjung/Cabup

Menanggapi itu, Mukhlis, S.HI, menyatakan hal biasa.”Hal itu wajar-wajar saja, pesta demokrasi bebas menentukan pilihan termasuk ninik mamak, tokoh masyarakat maupun pemuda dan bundo kandung,”kata Mukhlis yang siap ikut berkompetisi secara sehat di Pilkada 2024 – 2029.

“Tak pula harus kita taburansang atau menyikapi dengan sikap berlebihan. Itu mah soal biasa dalam politik. Yang penting kita lebih dewasa menyikapinya,”jawab anggota DPRD Sijunjung itu dengan tenang.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.