Insan Media Galang Dukungan Untuk Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie

1076

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Ceknricek.com, salah satu unit usaha digital baru Bintang Group, menegaskan komitmen untuk membantu pembuatan pesawat R80 rancangan Baharuddin Jusuf Habibie dengan menggalang dana dan dukungan masyarakat (crowdfunding).

Kerjasama penggalangan dana tersebut telah ditandatangani oleh DR. Ilham Habibie, putra BJ Habibie selaku direktur utama PT Regio Aviasi Industri, dengan Fikar Rizky Mohammad, direktur utama PT Bintang Angkasa Berjaya, pada hari Jumat, 5 Januari 2018 di Kuningan, Jakarta Selatan.

R80 adalah salah satu prototipe pesawat terbaru yang sedang disiapkan oleh PT Regio Aviasi Industri. Diperlukan dana sekitar US$ 1,5 milyar untuk membiayai produksi pesawat tersebut.

Usaha mendukung pembuatan R80 dilakukan dengan penggalangan dana. Prosesnya dilakukan melalui dua platform, yakni situs crowdfunding kitabisa.com dan juga program acara terbaru dari Ceknricek.com yakni Diaspora Summit, sebuah pertemuan akbar para perantau dari Indonesia. Acara ini membidik kaum diaspora dari Indonesia yang ada di seluruh dunia.

“Rencananya, acara tersebut akan dilaksanakan tahun 2018 ini di empat kota besar dunia, yaitu Madrid, San Francisco, Melbourne dan Tokyo,” kata Fikar.

Dalam acara kemarin, Ilham Bintang selaku pendiri Bintang Group sebagai induk perusahaan Ceknricek.com, telah menyerahkan surat yang menjelaskan rencana pelaksanaan penggalangan dana pesawat R80 dari komunitas diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Ilham Habibie selaku pemilik PT Regio Aviasi Industri menyambut baik inisiatif dari Ceknricek.com tersebut.

“Kami berharap inisiatif ini bisa menggambarkan adanya rasa memiliki pesawat R80 dari rakyat Indonesia. Jumlah sumbangannya bebas, seribu perak, dua ribu perak silahkan. Yang penting terkumpul satu juta orang saja yang tercatat memberikan dukungan, itu sudah sangat berarti bagi kami,” kata Ilham.

Fikar mengatakan sudah saatnya insan media di Indonesia memberikan perhatian khusus dan penghargaan terhadap para ilmuwan Indonesia. Usaha penggalangan dana terhadap pesawat R80 ini merupakan awal dari komitmen Ceknricek.com sebagai agen perubahan bagi kemajuan sains di Indonesia.

“Apabila pesawat R80 berhasil terbang dengan hasil patungan bangsanya, itu bisa diandaikan seperti burung garuda, yang merupakan simbol negara kita dengan semboyan berbeda-beda tapi tetap satu, secara harfiah benar terbang mengangkasa di langit Nusantara,” kata Fikar. Rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here