Pagi Ini, 131 Orang Bakal Calon Walinagari Se Pessel Ikut Tes Kemampuan Dasar

1232

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan akan menggelar pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada 3 Mei 2018 mendatang. Tercatat 427 orang bakal calon walinagari mendaftar di 105 nagari ikut Pilwana tahun ini.

“Dari 427 bakal calon tersebut, 131 orang diantaranya akan mengikuti tes kemampuan dasar (TKD),” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pesisir Selatan, Hamdi di Painan, Jumat (6/4/2018). “Mereka berasal dari 19 nagari yang jumlah kandidatnya lebih dari lima orang,” tambahnya.

Kadis Hamdi menjelaskan, tes kemampuan dasar dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 7 April 2018 di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sago di Kecamatan IV Jurai.

“Tes kemampuan dasar itu akan menyisakan lima kandidat, dan merekalah yang akan mendapatkan nomor urut pemilihan di nagarinya masing-masing,” katanya lagi.

Dijelaskan Hamdi, tujuan uji kemampuan dasar itu adalah melihat kemampuan bakal calon dalam memimpin kedepan. “Materi ujinya adalah tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, pemerintahan desa, adat istiadat, dan juga pengetahuan umum,” terangnya.

“Pelaksanaan tes kami bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Universitas Andalas,” ungkapnya.

Dari 427 orang yang mendaftar pilwana, 19 orang diantaranya merupakan perempuan, dan jumlah tersebut, katanya, menunjukkan indikator yang baik terhadap peran perempuan dalam pemilihan pemimpin di tingkat nagari.

“Guna menyukseskan kegiatan ini, pemerintah daerah mengucurkan anggaran Rp800 juta, dan jika ada kekurangan anggaran, maka disiasati dengan memakai anggaran yang tersedia di masing-masing nagari,” ujar Hamdi.

“Pemilihan walinagari kali ini masih dilakukan secara manual, karena keterbatasan sarana penunjang,” tutupnya. Rega Desfinal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here