Tangani Abrasi, Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp20 Miliar Untuk Muara Kandis Punggasan

2014

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, pemerintah pusat gelontorkan dana Rp20,75 milyar guna membangun pengamanan pantai di Muaro Kandih Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Pembangunan ini dimaksudkan untuk mengamankan masyarakat Muaro Kandih Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dari ancaman bencana abrasi pantai.

“Pembangunan pengamanan pantai dilaksanakan tiga tahun berturut-turut mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2020,” kata Bupati di Painan kemaren.

Dikatakan, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2018 alokasikan anggaran sebanyak Rp 6,35 Milyar, kemudian tahun 2019 sebesar Rp2,4 milyar dan tahun 2020 Rp 12 milyar.

“Total APBN yang terserap untuk pembangunan pengamanan pantai Muaro Kandih selama tiga tahun anggaran tersebut adalah Rp20,75 milyar,” kata Hendrajoni.

Sebagaimana diketahui peresmian pembangunan pengamanan pantai di Muaro Kandih dilakukan oleh Bupati Hendrajoni bersama Kepala Balai Wilayah V Sungai Sumatera, Maryadi Utama, ST, M.Si, pada Maret lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas PSDA Ir. H. Doni Gusrizal, mengatakan, pembangunan pengamanan pantai dilakukan dengan cara membangun groin sepanjang 70 meter, dengan posisi tegak lurus pantai.

Menurutnya, groin tersebut dibangun dengan interval antara groin pertama dengan berikutnya dengan jarak sepanjang 150 meter.

Pada tahun 2018 lalu pemerintah sudah membangun 3 buah groin kemudian pada tahun ini dibangun 4 buah sehingga total dibangun sebanyak 7 buah. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here