Jadi Sekda Tanah Datar, Irwandi Dt Maruhun Sati: Sepenuh Hati Untuk Pengabdian

2184

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Sosok Irwandi, MSi Datuk Maruhun Sati yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Sijunjung adalah sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang luar biasa dan ulet. Jenjang karirnya dimulai dari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Tak ada orang yang tak kenal dengan putra kedua dari pasangan Jamaludin (Batipuh) dan Erma (alm-Penyalaian) itu terutama masyarakat Kabupaten Sijunjung. Mulai dari jabatan staf hingga pimpinan OPD pun telah dilaluinya sebagai ASN di Sijunjung.

Tak kurang dari 27 tahun pengabdiannya dilaksanakan di Sijunjung dengan sepenuh hati. Bahkan Irwandi, MSi Datuk Maruhun Sati yang lahir di Kota Padang Panjang pada 4 Mei 1968 silam asli dari Penyalaian X Koto, Tanah Datar yang hobbi membaca dan seni dikenal sosok ASN dan pejabat yang ulet dan pekerja keras.

Semua pendidikan SD, SMP dan SLTA dilaluinya di Padang Panjang. Meski kedua orangtuanya petani, namun dia tak patah semangat untuk bersitungkin menimba ilmu. Hal itu terbukti, usai tamat SLTA, Irwandi pun melanjutkan pendidikan APDN Bukittinggi.

Usai tamat pendidikan APDN Bukittinggi, pada April 1992 Irwandi ditempatkan sebagai staf di Kantor Camat IV Nagari oleh Bupati Zalnofri. Tak lama kemudian, suami dari Rina AR (Simabuah-Periangan) itupun melanjutkan pendidikan strata satu (S1) di UGM.

Sepulang pendidikan, bapak dari Vivin Fatiha (Mahasiswi UNP) dan Vebby Dwi Irwana itu dipercaya menjabat Kasubag Ortala dan Kasubag Tapem pada tahun 1998 di era kepemimpinan Bupati Syahrul Anwar (Alm).

Pada tahun 2004-2006, Irwandi di zaman Bupati Darius Apan Irwandi melaksanakan pendidikan pasca sarjana (MAP) di UGM. Pada tahun 2007 Irwandi pun dipercaya sebagai Kabag Organisasi dan setahun kemudian Irwandi pun menduduki jabatan sebagai Kepala Kantor Perpustakaan hingga tahun 2009.

Jelang akhir masa jabatan Bupati Darius Apan, Irwandi dipercaya menjadi Camat Kupitan hingga 2011. Di masa jabatan Bupati Yuswir Arifin, Irwandi,MSi Datuk Maruhun Sati, ini dipercaya sebagai Kabag Tapem dari 2011 hingga 2013 dan berhasil menyelesaikan berbagai persoalan yang ditugaskan bupati kala itu—terutama terkait pembebasan lahan terkait untuk pembangunan PDAM.

Dinilai sukses dalam kinerjanya, lalu Bupati Yuswir Arifin pun memberikan kepercayaan kepada Irwandi sebagai Kepala Dinas Sosnakertrans dari 2013 hingga 2016. Setelah itu Irwandi pun dipercaya menjabat sebagai Asisten 1 Setdakab Sijunjung hingga Maret 2019. Pada Maret 2019 hingga sekarang Irwandi,MSi Datuk Maruhun Sati pun dipercaya menjadi Sekretaris DPRD Sijunjung dan ia pun sukses melaksanakan tugas pada pelantikan 30 anggota DPRD Sijunjung pada Selasa (13/8/2019).

Hebatnya lagi, Irwandi adalah salahsatu kandidat kuat yang digadang-gadangkan sebagai calon Sekdakab Tanah Datar. Kabarnya, dari hasil rekam jejak dan hasil uji seleksi Timsel, Irwandi terbilang calon Sekda yang tertinggi nilainya. Kabarnya, pada Kamis (15/8/2019) pelantikan Sekdakab Tanah Datar itu akan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Bahkan Irwandi, MSi Datuk Maruhun Sati sendiri mengaku sudah menerima undangan pelantikan. “Kalau soal siapa nanti yang akan dilantik saya tidak tahu, saya cuma dapat undangan. Kalau soal itu hanya bapak bupati lah yang bisa menjawabnya,” elak Irwandi Datuk Maruhun Sati pada awak media, Rabu (14/8/2019).

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menilai, Irwandi sosok pejabat berintegritas bagus dan baik. “Kinerjanya sangat bagus dan sangat baik. Untuk itulah saya merekomendasikan dan merestuinya masuk dalam seleksi penjaringan Sekda di Tanah Datar,” kata Yuswir Arifin bangga atas kadernya yang diberi amanah menjadi Sekda Tanah Datar pada awak media Rabu (14/8/2019) malam.

Sejumlah sumber di Tanah Datar pun membenarkan adanya pelantikan Sekdakab Tanah Datar. “Ya, pelantikan Sekda akan berkangsung Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 09.00 WIB, kabarnya calon sekdanya pak Irwandi,” ujar sejumlah wartawan yang bertugas di Tanah Datar.

Kepala BKP SDM Tanah Datar, Drs Suherman pun tak menapiknya. “Ya, In sha Alloh kalau tidak ada aral melintang pada Kamia (15/8/2019) jam 09.30 WIB acara dimulai. Sebelum pukul 09.00 WIB diharapkan beliau (Irwandi-red) sudah hadir untuk melakukan gladi bersih,” jawab Suherman kepada awak media Rabu (14/8/2019) malam via telepon selularnya. saptarius/adv