Peringati HUT RI ke-74, Korem 032/Wbr Gelar Berbagai Lomba Tradisional

224

JURNAL SUMBAR | Padang – Kemerdekaan adalah milik seluruh rakyat Indonesia yang harus dinikmati dengan seluas luasnya dalam hal positif oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan profesi, suku bangsa, agama dan status sosial lainnya.

Demikian juga dengan TNI dan Keluarganya pada tahun ini juga turut memeriahkannya. Guna memeriahkan Peringatan HUT RI yang ke-74 tahun 2019, Korem 032/Wbr dan Jajaran Balak Aju mengikuti berbagai lomba tradisonal yang dilaksanakan oleh Jasmani Korem di lapangan Wirabraja Sport Centre Terandam Jln. Proklamasi Padang, Sumatera Barat, pada Jum’at, (16/8/2019).

Tak hanya PNS dan prajurit TNI AD Korem 032/Wbr saja, perlombaan yang digelar kali ini juga turut dimeriahkan oleh para istri prajurit (Persit). Acara yang digelar Korem 032/WBR itu juga mencuri perhatian masyarakat yang sedang melakukan olahraga pagi di area Wirabraja Sport Centre sehingga menambah semaraknya acara tersebut.

Komandan Detasemen Markas Korem 032/Wbr Mayor Inf Yondri Nova menyampaikan saat memberikan arahan kepada seluruh peserta lomba sebelum acara dimulai, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan dan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI ke 74 tahun ini.

” Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh jajaran TNI AD dan ini adalah merupakan perintah dari pimpinan untuk memeriahkan hari kemerdekaan pada tahun ini,”jelas Dandenma.

Ia juga berpesan dalam kesempatan tersebut agar kita meriahkan dan dapat menikmati kegiatan lomba tersebut dengan semangat dan semeriah mungkin serta sportif. “Dan yang terpenting adalah kita merasa senang dan kita gembira,”ujarnya.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan rasa patriotisme, cinta tanah air, juga untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan yang baik antar prajurit maupun individu.

Perlombaan tradisional yang dilaksanakan selama satu hari itu adalah Tarik tambang, Hulahop, Makan kerupuk, Baju estafet, Masukan paku ke botol, Permadani terbang, Bakiak dan Bola Tali.

Selama berlangsungnya perlombaan, seluruh peserta khususnya ibu ibu Persit, terlihat sangat antusias dalam mengikuti berlangsungnya acara yang digelar oleh Korem 032/Wbr ini.

Tampil sebagai pemenang pada lomba ini adalah, untuk Tarik Tambang, juara 1 Denpom, juara 2 Korem dan juara 3 Denbekang. Lomba makan kerupuk, Juara 1 Denpal, Juara 2 Denbekang dan Juara 3 Denpom.

Sedangkan lomba Baju Estafet ,Juara 1 Korem, Juara 2 Denpal dan Juara 3 Denpom. Untuk lomba Hulahop, Juara 1 Denpal, Juara 2 Korem dan Denhub juara ketiga. Sedangkan lomba Permadani Terbang, Juara 1 Denhub, Juara 2 Denbekang dan juara 3 Denkesyah. Para pemenang berhak untuk mendapatkan 6 hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Partisipasi seluruh prajurit jajaran Korem 032/Wbr sangat terasa dalam gelaran lomba itu. Rasa persatuan dan kesatuan terlihat pada seluruh peserta lomba sehingga mampu bekerjasama dengan peserta lain dalam menyelesaikan semua perlombaan yang digelar dengan baik.

Hadir dalam memerihkan dan mengikuti lomba tradisonal itu yakni, para Kabalak Rem, Pasi serta prajurit dan PNS Korem 032/Wbr. penrem/rilis
editor/saptarius