Semarakan Tahun Baru Hijriah, 14 Kecamatan di Tanah Datar Serentak Gelar Apel Besar

619

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Menyambut dan menyemarakan kehadiran tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H yang bertepatan, Minggu (1/9), Pemerintah Tanah  Datar  menggelar beberapa aktivitas. Demikian dijelaskan Kabag Kesra Buya H Afrizon, Minggu  (1/9) pagi di Batusangkar.

Kegiatan tersebut, kata Buya Afrizon, Minggu ( 1/9) dilaksanakan Apel Besar sekaligus pawai Muharam secara serentak di 14 kecamatan se kabupaten Tanah Datar dilaksanakan pukul  8.00 WIB , diikuti seluruh santri TPA, MDA di lapangan yang ada di masing – masing kecamatan.

“Bertindak selaku pembina upacara di 14 kecamatan ditunjuk pejabat pemda Tanah Datar . Khusus Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati menjadi pembina di kecamatan X Koto,” ucap H Afrizon.
seraya menyebutkan dilaksanakan pula  I’tiqaf dan Subuh Berjamaah Jilid ke-23 di Masjid Raya Pitalah Batipuh dengan penceramah H Heru Santoso Lc MA dari Sijunjung.

Masih dalam 1 Muharram 1441 H, dilaksanakan pula berbagai lomba  di berbagai tingkat pendidikan diberi nama, Festival Muharram 1441 H dikordinir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar.

Kegiatan Festival Muharram 1441 H akan dimulai 16 s.d 22 Muharram atau  16 s.d 22 September 2019 mendatang dengan agenda untuk siswa SLTA lomba Kaligrafi dengan media payung, dan puitisasi Al Quran, Pemilihan Dai Muda Tanah Datar antar siswa SLTP dan Lagu Islami serta Lomba Tahfizh antar siswa SD – MI.

Untuk itu Buya Afrizon menghimbau seluruh ummat Islam bersama-sama memeriahkan dan menyemarakkan Tahun baru Hijriyah dengan kegiatan positif. Dan kegiatan dilaksanakan berjalan sukses dan mulus.” Malam Minggu (31/8) kita telah melaksanakan haflatul qur’an bersama qori nasional dan tabligh akbar mulai jam 17.30 WIB di halaman Indo Jolito Batusangkar “, jelas H Afrizon mengakhiri. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here