139 Pengungsi Wamena asal Sumbar sampai di Makassar dan selanjutnya Diterbangkan ke Padang

HLP

JURNAL SUMBAR | Makasar – Sebanyak 139 pengungsi Wamena asal Sumatera Barat tiba di Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, pada Sabtu (5/10/2019).

Pengungsi yang bertolak dengan kapal laut KM Ceremai pada 1 Oktober lalu akan diberangkatkan ke Padang dengan menggunakan pesawat.

“Warga asal Sumbar yang mengungsi akibat kerusuhan di Wamena sudah sampai di Makassar. Selanjutnya akan kami terbangkan ke Padang,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Nasrul menyebutkan, rencana awal, 139 warga asal Sumbar itu akan menuju Tanjung Priok, Jakarta.

Namun, dikarenakan kondisi mereka ada yang sakit, Pemerintah Provinsi Sumbar mengambil langkah mengalihkan mereka ke pesawat untuk diberangkatkan langsung ke Padang.

Epi

“Kondisi mereka ada yang sakit. 13 orang sakit, makanya kami putuskan mereka turun di Makassar dan selanjutnya kami alihkan ke pesawat,” ujar Nasrul.

Dijadwalkan, 70 orang di antaranya akan berangkat Minggu (6/10/2019) ke Padang. Sisanya segera menyusul.

Menurut Nasrul, keberangkatan pengungsi tersebut sepenuhnya difasilitasi Pemprov Sumbar melalui sumbangan yang dikumpulkan.

Hingga Jumat kemarin, sudah terkumpul Rp 4,5 miliar lebih dari sumbangan warga Sumbar baik di rantau maupun di kampung halaman.

Dari data tim Pemprov Sumbar yang berkunjung ke Papua beberapa waktu lalu ada 1.470 warga asal Sumbar di Wamena yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Mereka sudah dipulangkan secara bertahap sejak Kamis (3/10/2019) lalu.sumber;serambinews.com
editor;saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.