BBPOM Padang Pusatkan Bulan Keamanan Pangan di Sijunjung

116

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Masih prihatin terhadap kondisi pangan yang dikonsumsi masyarakat di Ranah Lansek Manih, baik pangan di pasar, warung dan sekolah. Untuk itu, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung serta Kwarcab 0303 Sijunjung mengadakan kegiatan Bulan Keaman Pangan di Gedung Pancasila Muaro, pada Kamis (10/10/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, hadir kesempatan itu Kepala Balai Besar POM Padang, Martin Suhendri, Katua Kwarcab 0303 Gerakan Pramuka Kabupaten Sijunjung, Kapolres Sijunjung yang diwakili Kasat Narkoba, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Loka Pom Dharmasraya serta undangan lainnya.

Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sijunjung yang telah memfasilitasi kegiatan Bulan Keamanan Pangan tahun 2019 ini.

“Kami tentu berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjaga masyarakat di Kabupaten Sijunjung terbebas dari obat dan makanan yang dapat membahayakan kesehatan,”sebutnya.

Dikatakannya, banyak masyarakat yang belum memahami dan mengatahui bahwa penanganan makanan yang mengakibatkan gangguan kesehatan sehingga terjadinya gangguan pertumbuhan terhadap anak yang mengonsumsinya.

“Saat ini faktor kebersihan masih merupakan malasah utama, termasuk kantin sekolah. Maka dari itu diharapkan pada anggota pramuka yang hadir merupakan siswa dari berbagai sekolah untuk dapat membantu mewujudkan pangan yang aman di sekolah,” jelasnya.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin juga mengucapakan terimakasih kepada pihak BPOM Padang.

“Terima kasih kepada Kepala BPOM padang yang telah memilih Kabupaten Sijunjung untuk dijadikan lokasi kegiatan bulan keamanan pangan tahun 2019 ini,” ucapnya.

Bupati menyebutkan, pangan yang dikonsumsi jangan hanya untuk mengenyangkan saja, akan tetapi dapat memenuhi kebutuhan gizi dan aman untuk dikonsumsi, baik dari segi bahannya maupun dari kebersihannya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sijunjung berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan pangan di Ranah Lansek Manih, hal itu telah dibuktikan adanya Perda terkait keamanan pangan, tinggal pada kita lagi bagaimana cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Kemudian, Ia berharap kepada Kepala BPOM padang untuk dapat melaksanakan pemantauan kantin-kantin sekolah sekurangnya sekali enam bulan.

“Dengan adanya uji keamanan pada kantin sekolah tersebut dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat sijunjung, khususnya generasi muda. Generasi Unggul Indonesia Maju,” imbuhnya.dicko.
editor;saptarius