Sekda Dt Maruhun Sati: Tanah Datar Targetkan Geopark Singkarak Diakui Unesco

610

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mematangkan persiapan Geopark( Taman bumi ) melalui kegiatan perencanaan Danau Singkarak menuju Geopark Nasional 2020, Selasa (23/10/19) di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

Menurut Irwandi Dt Maruhun Sati mewakili bupati Tanah Datar, pengembangan Singkarak menjadi kawasan Geopark memiliki tiga aspek, yaitu, aspek konservasi, edukasi, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan keberhasilan Singkarak sebagai Geopark nantinya, akan lebih menarik dengan adanya,kerja sama  Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. ” Kita jadikan,Geopark Singkarak tidak hanya untuk target Nasional tetapi juga diakui dunia  Internasional “, tekan Irwandi.

Kita menargetkan Geopark Singkarak, ucap Pak Dt Maruhun Sati diakui Unesco, sehingga pariwisata Tanah Datar  diminati turis mancanegara dengan hasil peningkatan  ekonomi masyarakat.

Seterusnya, Pak Datuak mengharapkan usaha sungguh-sungguh pada dinas terkait dan seluruh elemen masyarakat Tanah Datar untuk mendukung Singkarak menuju Geopark 2020 ini. ” Kita sudah persiapkan Singkarak menuju Geopark Nasional sejak Juli 2019 — September 2020 datang.

Sedangkan Dian Hadiansyah dari tim pokja Geopark Ranah Minang menjelaskan, Singkarak Geopark bertujuan memuliakan bumi mensejahterakan masyarakat dan merupakan instrument handal melawan, menjaga dan mendidik masyarakat peduli lingkungan.

Masyarakat juga akan menerima dampak positif dari Geopark, tekan Dian, berupa peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga alam dengan baik, tegas Dian lagi. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here