Antisipasi Perubahan Kurikulum, Tim PKM UNP Gelar Pelatihan Bahan Ajar Fisika SMA di Tanah Datar

716

JURNAL SUMBAR | Padang — Ketidaksesuaian antara buku teks yang ada dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, dan belum adanya penyediaan buku ajar seperti buku ajar berorientasi pada ketrampilan abad 21 akibat dari perubahan kurikulum, membuat Universitas Negeri Padang (UNP) melalu Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dipimpin Hidayati, MSi membuat pelatihan pembuatan bahan ajar Fisika SMA Bermuatan Literasi Saintifik di MGMP SMA di Kabupaten Tanah Datar.

“Dalam rangka mengimplementasikan pelaksanaan kurikulum 2013 revisi 2017 (kurikulum Nasional) di SMA dan untuk memenuhi tuntutan kurikulum, kami tim PKM tertarik untuk membantu guru-guru untuk merancang bahan ajar berorientasi pada literasi scientifik untuk pembelajaran fisika SMA,” kata Hidayati, Selasa (12/11).

Pelatihan yang telah berlangsung dari bulan Juli hingga Oktober lalu, sambung Hidayati, mengintegrasikan literasi scientifik dalam bahan ajar Fisika untuk memenuhi kompetensi siswa yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0. Beberapa kompetensi tersebut lebih dikenal dengan ketrampilan 4C yang terdiri dari keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi(Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi dan memperhatikan kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills (LOTS)) sampai kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)).

“Setelah adanya pelatihan itu diharapkan para guru mampu menulis bahan ajar sesuai kriteria Depdiknas dan lahir bahan ajar fisika yang bermuatan literasi scientifik.

Menurut Hidayat pembelajaran Fisika menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Dalam pembelajaran dibantu dengan sumber belajar dan bahan ajar. Bahan ajar antara lain, Petunjuk belajar, Kompetensi yang akan dicapai. (Agusmardi/Humas uNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here