Ratu Sikumbang Semarakan Pementasan Seni Tradisional Minang Saiyo Sydney Australia

1095

JURNAL SUMBAR | Sydney Australia – Perantau/Diaspora Minang Sydney Australia yang tergabung dalam wadah Minang Saiyo Sydney (MSS) mengadakan pementasan Seni Tradisional Minang yang menampilkan Silek, Randai, Talempong, Saluang, Sabtu (28/10) di Petersham Town Hall 107 Crystal St, Petersham NSW Sydney Australia.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan panampilan penyanyi top Minang Ratu Sikumbang yang sengaja didatangkan dari Jakarta Indonesia.

Perantau Minang Sydney sangat terhibur dengan lantunan suara merdu Ratu Sikumbang dan indahnya tari2an kesenian Minangkabau

Ketua Minang Saiyo Sydney, Yusuf Rizal mengatakan ini merupakan acara tahunan Minang Saiyo Sydney guna melepas rindu terhadap kampung halaman sambil melestarikan nilai-nilai seni budaya Minang dirantau orang.

Tim kesenian diisi oleh grup tari Bundo Kanduang berkolaborasi dengan tim kesenian Universitas Jambi.

Marlis Buestami Koto yang, Vice Presiden Minang Diaspora Network Global mengatakan Minang Saiyo Sydney pernah mengadakan konser akbar di Opera House Sydney dan dihadiri banyak penonton.

Menurut beliau dalam beberapa waktu kedepan akan diusahakan agar Minang Festival bisa diadakan di Opera House Sydney guna mempromosikan seni budaya Minang sekaligus promosi pariwisata dan Investasi di Sumatera Barat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Konsul Jendral RI di Sydney, Heru Subono beserta jajaran KJRI Sydnet dan sangat mendukung acara seni budaya Minang ini selain utk ajang promosi budaya dan wisata juga sekaligus menanamkan nilai nilai adat dan budaya kepada generasi Minang yang ada di Sydney.

Menurut Burmalis Ilyas Direktur Eksekutif MDN-G, Australia terutama Sydney merupakan salah satu kota dimana cukup banyak perantau Minang bermukim disana dan baru kemudian disusul oleh Melbourne.

Diaspora/Perantau Minang Sydney, Melbourne, Perth dan perantau Minang Australia sangat aktif dalam promosi budaya dan kuliner Minang di Australia.
September 2018 lalu, pertemuan Minang Sedunia yang pertama kali didunia dan Minangkabau Festival diadakan di kota Melbourne Australia.

Di Sydney juga terdapat Rumah Makan Padang/Minang seperti Warung Ita, Dapur Ibu Alya dan lain-lain. Perantau Minang Sydney saat ini sedang berusaha untuk membangun Surau Sydney Australia dan mengharapkan banyak dukungan dari Masyarakat Minang dan Muslim pada umumnya. Rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here