Dilaksanakan di Gedung Rakyat, Dinas P dan K Siijunjung Gelar Seminar PAUD HI dan Sosialisasi Perbup

445

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Sijunjung, Sumatera Barat, pada Rabu (11/12/2019) di Gedung Rakyat Sijunjung, menggelar Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integatif (HI) dan Sosialisasi Perbup.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh pada dua agenda itu diikuti ratusan guru PAUD dan Walinagari se-Kabupaten Sijunjung serta OPD terkait dilingkungan Pemkab Sijunjung, juga hadir.

Kepala Dinas P dan K Sijunjung diwakili Kabid PNF dan PAUD Syamsul Bahri, MPd, yang juga ketua penyelenggara kegiatan menyebutkan, bahwa peserta seminar PAUD Holistik Integatif (HI) terdiri dari seluruh guru PAUD, walinagari dan para pimpinan OPD terkait (Dinas Perkim, Dinas PTSP, Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, PUPR, Dinas Pendidikan, DPMN, dan Dinas Sosial) dilibgkup Pemkab Sijunjung.

Acara yang dibuka secara resmi Bupati Sijunjung itu juga dihadiri Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud diwakili
Kasi Perencanaan, Khairuloh, MSi, dan Prof.DR Rusdinal,MPd dari UNP selaku nara sumber kegiatan tersebut. Tak hanya itu, Bunda PAUD Ny.En Yuswir juga hadir.

Dalam seminar sehari penuh itu membahas tentang penyelenggaraan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integatif (HI).

Dihadapan para guru PAUD Syamsul Bahri juga melaporkan perjalanan PAUD di Kabupaten Sijunjung yang mengalami peningkatan sangat signifikan. Hiingga kini ada 506 Lembaga PAUD tersebar di jorong-jorong dan 70 persen PAUD sudah terkreditasi.

“Itu semua tidak terlepas dari perjuangan Bunda PAUD tingkat kabupaten. Atas prestasi yang dicapai berbagai prestasi telah diraih Sijunjung. Bahkan Pemeruntah Pusat pernah meminta Bunda PAUD untuk mengikuti kursus ke China,”jelas Syamsul Bahri.

Bahkan kata Syamsul Bahri, pengelolaan PAUD sudah diserahkan ke nagari yang sudah berjalan dengan baik.

Ditambahkan Syamsul Bahri, kegiatan itu membahas Perbup No.37/2019 tentang Penyelenggaraan PAUD HI (Holistik Integatif) meliputi tentang pendidikan, kesehatan, gizi, perlundungan dan kesejahteraan.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, berharap dengan adanya seminar tersebut dapat bermanfaat bagi peserta untuk memajukan PAUD. Bupati juga mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Sijunjung dalam pengelolaan PAUD.

Dalam sambutannya, Yuswir Arifin juga menyampaikan kegiatan pembangunan Sijunjung yang mulai menggeliat. “Semua warga Sijunjung alhamdallah telah berkpntribusi membangun Sijunjung. Terutama mulai membangun PAUD. Sebab bunda PAUD Jorong dan bunda PAUD Walinagari saja sudah terbangun. Apalagi PAUD Holistik Integatif sudah terkreditasi,”kata Bupati Yuswir Arifin.

Bupati juga minta pada OPD terkait, camat serta walinagari untuk memperhatikan lembaga PAUD. Bahkan Pemkab Sijunjung akan berupaya meningkatkan insentif bagi guru PAUD kedepannya sesuai kempauan daerah. saptarius