Pemkab Sijunjung dan Korem 032/Wbr Lakukan Fielday Tanam Padi Perdana di Kupitan

530

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Hasmizon, SE.M.Si hadiri acara Fielday tanam padi perdana di Kelompok Tani (Keltan) Bungo Tanjung, Nagari Pamuatan, Kecamatan Kupitan, pada Selasa (10/12/2019).

Kegiatan fielday demplot pertanian menggunakan BIOS 44 ini merupakan kerjasama Korem 032/Wbr dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatra Barat serta Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung di Wilayah Kodim 0310/SS.

Hadir dalam acara ini Kadis Tanaman Pangan Provinsi Sumbar diwakili, Agustiar, SP.M.Si, Kadis Pertanian Sijunjung, Ir. Ronaldi, Kasdim 0310/SS, Mayor, Inf, Herunimus beserta Koramil di Wilayah Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya beserta jajaran, Plt Camat, Kupitan, Adri, S.Pt beserta Forkopimcam, Wali Nagari Pamuatan, Zubir, M dan undangan lainnya.

Ketua Kelompok Tani Bunga Tanjung, Harison menyebutkan, bahwa luas lokasi Kelompok Tani tersebut adalah 25 ha yang nantinya akan ditanam memakai merek benih Ci Sokan.

” Anggota kelompok tani Bungo Tanjuang saat ini sebanyak 59 orang dengan luas sawah 25 ha, untuk penanaman padi saat ini yang dibantu oleh Korem 032/Wbr dan Dinas Tanaman Pangan Provinsi Sumbar sebanyak 10 ha. Ke 10 hektar sawah yang dibantu ini, 9 hektar nantinya akan dibantu dengan menggunakan Bios 44 dan 1 hektar lagi dengan memakai biofarming,”ujar Harison.

Wali Nagari Pamuatan, Zubir, M pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Korem 032/Wbr dan Dinas Tanaman Pangan Provinsi Sumbar atas kepercayaan yang diberikan kepada Nagari Pamuatan dalam rangka peningkatan produksi pangan.

Kasdim, Mayor Inf Herunimus dikesempatan itu menyebutkan, kegiatan Fielday tanam padi pada saat ini bertepatan dengan hari jadi Angkatan Darat, “untuk itu ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya dengan menggelar Karya Bhakti membantu masyarakat, yaitu dengan mengadakan kegiatan seperti ini dalam rangka menunjang pembangunan di daerah, khusuanya di Kabupaten Sijunjung ini, “ujarnya.

Kadis Pertanian, Ir Ronaldi dikesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Korem 032/Wrb beserta jajaran yang telah membabtu Kelompok Tani Bungo Tanjuang dengan menggunakan bios 44, “semoga hasil pertanian kita meningkat ditahun berikutnya,”ujar Ronaldi.

Staf Ahli Bupati Hasmizon juga mengucapkan terima kasih kepada Korem 032/Wrb melalui Kodim 0310/SS beserta Dinas Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Barat yang telah memberikan bantuan bagi Kabupaten Sijunjung, khusuanya pada Kelompok Tani Bungo Tanjuang Nagari Pamuatan.

” Marilah kita dukung bersama program penggunaan bios 44 ini, semoga hasil yang diperoleh nanti bisa naik 25% dari sebelumnya, yang sebelumnya bisa menghasilkan 4,5 ton/Ha, nanti kita harapkan bisa mencapai 6 ton/ha hendaknya,”harap Hasmizon.andri
editor;saptarius