Cabup Termuda RAP Itu Ajak Kontestan Cakada Bantu Cegah Penyebaran Covid19

517

“Masyarakat tidak perlu panik, tetapi selalu waspada dan selalu berprilaku hidup bersih-bersih, bersih anggota tubuh, terutama tangan dan bersih lingkungan,”

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ternyata, wabah Virus Corona (Convid-19) yang melanda dunia dan Indonesia, kini menjadi perhatian serius Calon Bupati Termuda Indonesia, Rizki Abdian Putra (RAP).

Rizki menyebutkan, semua calon yang ingin maju di Pilkada hendaknya menahan diri dulu, sembari memfokuskan diri dan keluarga menyiapkan berbagai langkah hadapi penyebaran virus Corona.

“Dengan demikian kita ikut membantu mencegah penyebaran Virus Corona,”ucapnya dalam siaran persnya.

Apalagi, kata Cabup Kabupaten Sijunjung itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk menunda sebagian tahapan Pilkada Serentak 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan penundaan berkenaan dengan wabah virus corona yang semakin meluas. Tiga tahapan itu, kata Viryan, yakni pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan, hingga rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta pencocokan dan penelitian (coklit).
 
Nah, kenyataan ini, sebut Calon Bupati yang sudah lama tak muncul tersebut, hendaknya dihadapi dengan pola hidup bersih.

“Masyarakat tidak perlu panik, tetapi selalu waspada dan selalu berprilaku hidup bersih-bersih, bersih anggota tubuh, terutama tangan dan bersih lingkungan,”jelasnya.

Rizki mengajak masyarakat mengikuti anjuran petugas kesehatan, yaitu sering sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Atau mencuci tangan dengan cairan antiseptik atau hand sanitizer, terlebih sepulang dari tempat-tempat umum.

Rizki, sejak mewabahnya Virus Corona, juga menghimbau karyawannya untuk menggunkan masker saat berkegiatan di luar ruangan, terutama di tempat yang ramai. Ini untuk menghindari penularan Virus Corona dari penderita yang tidak diketahui.

“Selain menggunakan masker di tempat-tempat umum, hindari pula memegang benda-benda yang rentan dipegang publik. Ini adalah usaha kita untuk mencegah penularan Virus Corona,” kata pengusaha muda transportasi Sumbar-Riau itu pada Senin (23/3/2020) juga seperti dirilis Haluan.Com.


Disamping itu, kata Putra Kamang Baru Sijunjung itu, ia juga meminta warga meningkatkan daya tahan tubuh, bisa dengan mengkonsumsi vitamin, memakan sayuran dan buah-buahan yang cukup.

“Bisa juga minum yang tradisional seperti kebiasaan Presiden Pak Jokowi juga baik, seperti minum air jahe, temu lawak dan rendaman kunyit,” sebutnya.

Karena tidak mudah mengetahui penderita Virus Corona 19, maka Rizki menyarankan sebaiknya menghindari kontak langsung dengan orang sakit. Atau segera cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer bila pulang membezoek warga yang sakit.

“Kalau kita sendiri yang mengalami sakit, menderita demam, maka segera periksa ke layanan Puskesmas atau dokter. Jangan tunggu ya, segera saja periksakan,” kata Rizki.

Kunci utama semua ini, sebut Rizki, mari kita sama berdoa kepada Allah SWT, semoga dijauhkan dari segala penyakit.rilis/haluan.com