Pilkada Tanah Datar, Betti Shadiq Pasadigoe Paling Unggul Versi Survey Arah Baru

1294

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Mantan anggota DPR RI Betti Shadiq Pasadigoe paling diunggulkan dalam memenangkan Pilkada Kabupaten Tanah Datar yang bakal digelar serentak September mendatang. Menurut survei yang dilakukan Arah Baru Center (ABC) yang dirilis baru-baru ini elektabilitas mencapai 31,7 persen.

Angka tersebut mengalahkan calon inkumben Irdinansyah Tarmizi yang hanya 26,4 persen. Atau selisih kedua calon kuat tersebut hanya 5 persen. Kemudian disusul dengan Zuldafri Darma 18,1 persen dan Arkadius dengan angka 8,3 persen.

Hasil jajak pendapat dilakukan akhir Februari lalu itu cukup menarik. Sebab, hanya di Tanah Datar penantang mampu mengungguli petahana.

Menurut peneliti ABC Erizal bahwa muncul nama Betti di posisi teratas disebabkan dia dikenal sebagai politisi perempuan yang dekat masyarakat. Baik saat menjadi ketua PKK Tanah Datar dari 2005 hingga 2015, maupun ketika menjadi anggota DPR RI priode 2014-2019.

“Masyarakat Tanah Datar menganggap Betti sosok yang dekat masyarakat, sejak menjadi istri bupati hingga menjabat anggota DPR RI. Hal itu membuat elektabilitas Betti melambung tinggi,”ujar erizal.

Alasan lain, sambung Erizal, ketokohan suaminya, Shadiq Pasadigoe juga merupakan bupati Tanah Datar dua priode ikut memberi pengaruh positif kepada Betti yang notabene bukan orang baru dalam percaturan politik daerah tersebut.

“Suami beliau juga ikut memberi pengaruh positif pada Betti. Dan juga pemilih Tanah Datar berharap Betti mampu memberi perubahan pada Tanah Datar andaikan maju dan terpilih menjadi bupati,” urai peneliti senior Sumatera Barat.

Survei Arah Baru Center (ABC) dilaksanakan 21-25 Februari 2020 di seluruh kabupaten dan kota, kecuali di Kabupaten Mentawai.