BREAKING NEWS; Positif Covid-19, Ibu Hamil di Dharmasraya Melahirkan Dalam Ambulan

2833

Seorang Ibu Hamil ditemani suaminya saat mau berangkat di dalam ambulan. foto.eko

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Seorang ibu di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, terpaksa melahirkan di dalam mobil ambulan di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) saat menuju IGD RSUD Sungai Dareh. Sang ibu yang juga merupakan pasien dengan positif Covid-19 hasil rapit test ini, harus melahirkan saat ambulan melintas di kawasan Gunung Medan Jalan Lintas Sumatera, pada Jumat malam (24/04/2020).

Dalam perjalanan ke rumah sakit untuk melahirkan, ibu bersama suaminya yang juga dinyatakan positif Corona hasil rapit test. Ceritanya, sebelum melahirkan, paginya pasangan ini melakukan rapit test dugaan terpapar Virus Corona (Covid-19) di RSUD Sungai Dareh. Sorenya, keluar hasil, yang menyatakan hasilnya positif Covid-19. Tentu hasil ini membuat pasangan ini jelas kelabakan. Dan sang istri yang sedang hamil delapan bulan juga demikian dan dikabarkan kehamilannya mengalami kontraksi dan pendarahan.

Petugas medis yang mendapat laporan soal ini segera membawa keduanya ke Puskesmas dengan ambulan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Namun, dari Sungai Rumbai, ia kemudian dirujuk ke Sungai Dareh. Dalam perjalanan, bayinya lahir di kawasan Gunung Medan. Beruntung kedua tenaga medis yang mendampingi bisa menyelamatkan nyawa kedua ibu dan anaknya.

Menurut pengakuan supir ambulance M Yasir, saat ditemui di halaman IGD RSUD Sungai Dareh, ia saat menjalankan tugas piket jaga di pukesmasdan mendapat perintah dari Ibu Kabid Dinas Kesehatan Dharmasraya, agar mengantar pasien yang akan melahirkan menggunakan APD lengkap.

Bersama kedua tenaga medis, kami persiapkan segala sesuatu yang digunakan untuk membawa ibu hamil bersama suaminya dengan APD lengkap dan kami berangkat ke rumahnya, kemudain dibawa ke Puskesman. Kondisi yang tidak memungkinkan, kami langsung ke Rumah Sakit Sungai Dareh dan dalam perjalanan inilah, saat berada di Gunung Medan, bayi yang dikandung ibu itu melahirkan.

“Usai melahirkan dalam ambulan di jalan, ibu berinitial H dan bayi segera dibawa ke rumah sakit dan kini dalam perawatan khusus tim medis RSUD Sungai Dareh,” ucap M. Yasir. Eko/MR