Kordinator Gugus Tugas Covid Tanah Datar: Sholat Idul Fitri Diperbolehkan dengan Ketentuan

838

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Akhirnya pemerintah memberikan pelonggaran bagi masyarakat melaksanakan sholat hari raya Idul fitri 1441 Hijrah yang jatuh, Minggu (24/5/20) depan.

Pelonggaran itu diberikan, mempedomani maklumat MUI (Majelis Ulama Indonesia ) Tanah Datar nomor: 05/Maklumat-MUITD/V/2020 tentang pelaksanaan ibadah dimasa pandemi.

Pemerintah Daerah pun menyepakati maklumat itu sesuai rapat dilaksanakan Forkopimda, MUI, Kamenag, Dewan Mesjid, PHBI, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP dan Damkar, sebut kordinator gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Irwandi Dt Maruhun Sati, Kamis (21/5/20) di Batusangkar.

Namun untuk pelaksanaan Shalat Idul fitri, tutur Irwandi Dt Maruhun Sati,harus mematuhi ketentuan, sholat tidak boleh di lapangan dan hanya dilaksanakan di masjid setempat. ” Mesjid-mesjid di pinggir jalan raya Provinsi dan Nasional, dan Nagari-nagari memiliki riwayat  kasus corona serta Nagari tetangga  berdekatan dengan nagari terpapar    corona juga tidak diizinkan melaksanakan sholat Idul fitri, ” tekan Pak Dt Maruhun Sati yang juga Sekda Tanah Datar.

Misalnya nagari yang terpapar corona virus, nagari Panyalaian, nagari Limokaum, dan nagari-nagari berdekatan dengan nagari Panyalaian serta Nagari yang memiliki riwayat corona

Bahkan  bagi pengurus mesjid bakal melaksanakan sholat idul fitri harus memiliki surat pernyataan komitmen siap melaksanakan protap kesehatan pencegahan covid-19 yang diketahui Kepala Jorong diserahkan ke Wali Nagari setempat, ucap Dt Maruhun Sati lagi.

Protap yang harus dilakukan pengurus mesjid dan jemaah idul fitri, jelas Dt Maruhun Sati, harus memakai masker, membawa sajadah sendiri, mengindari kontak langsung, cipika-cipiki ,bersalaman dan menerapkan physical distancing.Sedangkan Imam dan Khatib tidak mesti dari luar daerah, dan khotbah diminta tidak berlama-lama.

Juga keputusan pemerintah Tanah Datar tahun 2020 tidak melaksanakan aktivitas PHBI (Perayaan Hari Besar Islam) di lapangan Cindua Mato dan tidak mengizinkan takbir keliling.Takbiran hanya dilakukan di Mesjid,mushalla, dan Surau. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here