Lisda Hendrajoni Kampanyekan P2L Untuk Persiapan Ketahaan Pangan Pasca Pandemi Covid-19

542

JURNAL SUMBAR | Padang — Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni ikut terlibat dalam kampanye penerapan P2L (Pekarangan Pangan Lestari) di Kecamatan IV Jurai, Painan, Pessel. Politisi senayan asal Sumatera Barat mengaku sudah mengunjungi langsung salah satu rumah dengan konspep P2L yang terletak di Kampung Sianik, Kenagarian Sago, Salido.

“Kami merasa bangga dapat terlibat dalam program ini. Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19, Konsep P2l saat ini merupakan salah satu solusi yang paling tepat dalam mencukupi kebutuhan pangan keluarga,” ungkap Lisda Hendrajoni dalam laman facebooknya, Lisda Rawdha, Jumat (8/5/2020).

Lisda Hendrajoni selaku Ketua TP-PKK mengaku bersyukur dapat menghimbau kepada seluruh Kader agar memanfaatkan pekarangan rumah, dengan tanaman sayuran dan buah-buahan, serta ternak seperti ikan ataupun ayam, untuk mencukupi kebutuhan konsumsi selama masa pandemi.

Seharian penuh, Lisda bersama pengurus TP-PKK Kabupaten Pessel telah terlibat aktif di rumah binaan KWT Al-Ikhlas yang juga menyediakan bibit bagi masyarakat yang ingin menerapkan konsep P2L. Lewat program teserbut, pengurus TP-PKK Kabupaten Pessel turut melihat hasil panen di rumah binaan tersebut.

“Lewat kunjungan ke rumah binaan KWT Al-Ikhlas kami ingi membanguan kesadaran yang saat ini diminta untuk berdiam diri dirumah, agar mari semua kita peduli terhadap pekarangan rumah untuk dimanfaat untuk penyedian berbagai macam sayuran bahkan lauk pauk,” jelas Lisda.

Tak hanya kunjungan lapangan, hal itu diawalinya dengan rapat Virtual ketua TP-PKK kabupaten Pesisir Selatan dengan camat, ketua TP-PKK Kecamatan, penyuluh WKPP dan pengurus kelompok penerima bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahun 2020.

Anggota DPR-RI ini menyerukan persiapan kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan lestari di kabupaten Pesisir Selatan mesti segera diwujudkan untuk ketahanan pangan pasca pandemi Covid-19. (Agusmardi)