Satu dari Enam Pencuri Batrai Tower Telkomsel Ditangkap Polisi Dharmasraya, Lima Tersangka Buron

3496

Pengakuan Tersangka, Lokasi Pencurian Hingga ke Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Ditengah wabah Covid-19, enam tersangka pencuri Batrai Tower Telkomsel nekad melakukan aksi diwilayah hukum Polisi Resort (Polres) Dharmasraya dan Sijunjung Sumatera Barat.

Namun satu dari enam tersangka berintial, HI, 33 tahun yang berpropesi buruh bongkar sawit di salah satu perusahaan Dharmasraya yang diketahui beralamat di Jorong Koto, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, berhasil diamankan polisi setelah sebelumnya ditangkap dan dihakimi warga hingga babak belur.

Bahkan saat melakukan pencurian, para tersangka dipergoki warga. Satu tersangka berintial HI bernasib apes dan ia berhasil diamankan warga bahkan sempat dihakimi warga hingga babak belur. Sedangkan ke-lima tersangka lainya berhasil kabur melarikan diri yang kini menjadi buron polisi.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun eko kontributor Jurnalsumbar.com di Dharmasraya menyebutkan, satu dari enam tersangka itu ditangkap pada Sabtu (16/5/2020).

Tindak pencurian tersangka itu sesuai dengan laporan polisi; LP./ 26/ V /2020/ Polsek Sungai Rumbai tgl 16 Mei 2020 dan sesuai bukti permulaan yang cukup sesuai dengan dengan Sp Kap. / 08 / VI / 2020 / Polsek Tanggal 16 Mei 2020 diduga pelaku telah melakukan Tindak Pidana Pencurian Batray Tower PT Telkomsel di Jorong Koto Indah, Nagari Kurnia Koto Salak, Kecamatan Sungai Rumbai dengan sangkaan pasal 363 KUH Pidana.

Peristiwa penangkapan tersangka itupun dibenarkan Kapolsek Sungai Rumbai AKP Jefri Afridan,SH.MH, melalui Kanit Reskim Polsek Sungai Rumbai, Ipda Welly Wahyudi,SH pada awak media di ruangannya pada Sabtu (16/5/2020) siang.

“Memang betul sekali telah di amankan seorang pelaku pencurian batray telkomsel yang sebelumnya ditangkap masa di tempat kejadian lokasi Tower Telkomsel di Jorong IV Blok A Nagari Kurnia Koto Salak, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya,”terangnya kepada eko kontributor Jurnalsumbar.com.

Disebutkannya, dalam melakukan aksi pencurian tersebut pelaku bersama lima orang temannya. Kelima teman pelaku saat ini dalam pengejaran dan dalam penyilidikan anggota Reskim gabungan baik Polsek Sungai Rumbai dan Polres Dharmasraya.

Dijelaskannya, pelaku yang di tangkap oleh masyarakat dan anggota Reskim tersebut berinisial HI umur 33 tahun warga Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.

Dalam pengakuan pelaku pada polisi, tersangka bersama kelompoknya telah melakukan pecurian batray Tower Telkommsel ini sudah yang ke depalapan kali. Saat ini pelaku bersaama barang bukti sembilan unit batray tower telkomsel itu sudah diamankan polisi di Polsek Sungai Rumbai .

“Kita terus lakukan penyilidikan terhadap pelaku dan kelompoknya, untuk teman pelaku saat ini terus kita buru untuk mempertanggung jawaban atas perbuatan mereka,”tambah kapolsek.

Bahkan dalam pengakuan pelaku, ia bersama temannya juga pernah melakukan aksi serupa di Kabupaten Sijunjung. Kini kelima nama tersangka lainnya yang sedang burun itu sudah ditangan polisi.

Kapolsek Sungai Rumbai berharap supaya kelima pelaku untuk segera menyerahkan diri ke polisi. Karena polisi akan mencari keberadaan mereka, apalagi indentitas pelaku sudah ditangan polisi.

Kronologis kejadian berawal pada Sabtu tanggal 16 Mei 2020 sekira jam 01.00 WIB dinihari, pelapor (staf telkomsel-red) mendapat Alaram Stolen dari Telkomsel berbunyi dan pelapor langsung mengecek ke lokasi Tower di Jorong IV Blok A Nagari Kurnia Koto Salak, Kecamatan Sungai Rumbai, sesampai di lokasi dilihat seseorang sedang mengangkat batray.

Dan pelapor meminta bantuan kepada warga disekitar tower tersebut dan terlapor membuang batray tersebut dan melarikan diri, dan setelah itu pelapor mencari bersama beberapa warga sekitar tower dan ditemukan satu orang yang sedang mengendap di semak-semak belakang tower kemudian di bawa ke Polsek Sungai Rumbai.

Atas kejadian tersebut pelapor (telkomsel-red) mengalami kerugian lebih kurang Rp15juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sungai Rumbai untuk proses hukum lebih lanjut. eko