Warga Positiv Corona di Tanah Datar Bertambah 2 Orang, Total Menjadi 6 Orang

307

JURNAL SUMBAR | Batusangkar –  Dua orang warga Tanah Datar terkonfirmasi positiv corona virus. Keduanya berasal Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto berinisial Ny. E (65 tahun) dan Z (1 tahun).

Demikian dijelaskan jubir gugus tugas Covid Tanah Datar Roza Mardiah kepada insan pers, Minggu (3/5/20)di posko gugus tugas Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Ny. E merupakan orang tua perempuan dan Z kemenakan NS  Sipasien positif corona virus yang melahirkan di RSUP M Jamil Padang. ” Ny. E dan Z positiv corona berdasarkan hasil tes yang dikeluarkan laboratorium mikro biologi fakultas kedokteran Unand Padang ,” tekan Roza Mardiah.

Begitu mendapat informasi dengan tambahan dua positiv corona, sebut Roza, Tim gugus tugas Kabupaten Tanah Datar langsung berangkat  ke lokasi untuk melakukan tracking (Pelacakan) bagi orang-orang Yyang pernah kontak erat dengan dua warga positiv corona sejak 26 April 2020 lalu sampai Minggu 3 Mei 2020.

Sedangkan kedua warga positif langsung  dilakukan pemeriksaan fisik di RSUD Prof. Dr. MA Hanafiah Batusangkar untuk mengetahui kondisi kesehatannya, kalau Kurang sehat  langsung diisolasi di rumah sakit. Jika kondisi fisiknya tidak baik akan dikarantina di pusat karantina Provinsi Sumatera Barat, Padang.

Untuk itu, Roza masyarakat yang merasa dirinya pernah kontak erat dengan dua orang pasien positif mulai 26 April dihimbau segera melaporkan dirinya kepada petugas, tujuannya memutus mata rantai penularan Corona virus.

Jubir Roza juga, mengekspektasi masyarakat yang merasa pernah kontak erat diharapkan langsung melapor ke petugas puskesmas setempat. Jangan menunggu petugas yang datang melakukan tracking.

Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati selaku kordinator gugus tugas covid langsung melakukan rapat bersama camat dan wali nagari se-kecamatan X Koto untuk mengantisipasi penularan corona virus.

Kita menghimbau masyarakat di nagari Panyalaian tempat tinggal dua positif corona agar menyadari bahaya corona yang mengancam.Saat ini sebaiknya tinggal di rumah saja, dan gunakan masker kalau keluar rumah.

Dengan bertambah 2 positiv corona di Tanah Datar, maka total sudah 6 orang positif, 1 orang sehat, ODP 21 orang, PDP 2 orang dengan 2.449 orang notifikasi. habede.