Masuki Era New Normal, 323 Mesjid  di Tanah Datar Laksanakan Sholat Jumat Perdana

792

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Memasuki New normal ( Tatanan baru) di Tanah Datar Luhak Nan Tuo 323 mesjid  diizinkam Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melaksanakan Shalat Jumat, mulai Jumat(5/6/20).

Menurut  Kabag Kesra Tanah Datar buya Afrizon S.Ag  menyebutkan, Shalat Jumat, 5 juni adalah shalat Jumat perdana yang diputuskan dalam suatu rapat bersama forkopimda, kabupaten- kota dalam vidcon serta berpedoman kepada kasus penyebaran Corona virus  di Tanah Datar yang mulai  stagnan.

Untuk melaksanakan sholat Jumat, ucap Afrizon, para jemaah diharuskan memakai masker, membawa sajadah pribadi, melakukan cek suhu tubuh sebelum memasuki masjid. Jemaah dengan kondisi sakit batuk, flu, demam diminta melakukan  shalat zuhur di rumah saja.

Kita juga melakukan pembatasan saf bagi jemaah juga dilakukan sosial distancing dalam masjid ketika sholat berlangsung.Kita laksanakan sholat Jumat sesuai Surat Edaran Kementrian Agama Nomor 15 tahun 2020 dan maklumat MUI Tanah Datar Nomor 06.

Guna mengantisipasi penularan  Corona virus, kalangan anak-anak usia dibawah 13 tahun tidak diizinkan melaksanakan sholat jumat, dan kepada  khatib dihimbau dalam berkhutbah singkat padat, tutur Buya Afrizon.

Setelah sholat Jumat perdana yang dilaksanakan Jumat(5/6/20), Senin (8/6/20) depan dilanjutkan pemberlakuan New Normal, seterusnya
seluruh mesjid di Tanah Datar diizinkan melaksanakan shalat Jumat sesuai protokol covid- habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here