Reses dan Kundapil, Setiap Anggota DPR RI Dapil Sumbar Dibekali Rp3,3 Miliar Pertahun

1340

JURNAL SUMBAR | Padang – Setelah duduk, tidak ada alasan bagi Anggota DPR RI untuk tidak menyapa masyarakat pemilihnya. Pasalnya, mereka dibekali anggaran Reses dan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) Rp3,3 miliar pertahun.

Hal ini diungkapkan Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade di sebuah grup WhatsApp, Kamis malam (29/7-2020). “Ayo belajar transparan dan terbuka,” ujar Andre Rosiade.

Dijelaskan Andre, untuk kegiatan Reses, setiap anggota DPR RI Dapil Sumbar dibekali anggaran kegiatan Rp410 juta setiap kali Reses, dan dalam setahun ada 5 kali Reses. “Untuk Kundapil (Kunjungan Daerah Pemilihan), dapat anggaran Rp165 juta. Setahun ada 8 kali Kundapil,” jelasnya.

Selain itu, tambah Andre, setiap anggota DPR RI juga dibekali dengan anggaran untuk kegiatan sosialisasi Undang-Undang dan 4 Pilar. “Masing-masing Rp40 juta,” jelasnya.

Dikatakan Andre, semua itu adalah uang untuk masyarakat dan harus diserahkan ke masyarakat. “Jangan dipakai pula untuk bangun rumah, dan jangan dipakai untuk beli mobil, tas dan berlian ,” tegasnya. “Dan, jangan pula minta kickback (keuntungan-red) dari kegiatan tersebut,” tegasnya lagi.

Ditegaskan Andre, dia membuka informasi tersebut supaya masyarakat tahu akan haknya dari anggota DPR RI yang mereka pilih. “Tergantung anggota dewannya lagi, mau dibawa pulang, atau diserahkan ke masyarakat?,” tegasnya.

Seperti diketahui, anggota DPR RI asal Sumbar ada 14 orang. Sumbar 1: Darizal Basir (Demokrat), Asli Chaidir (PAN), Suir Syam (Gerindra) dan Hermanto (PKS). Andre Rosiade (Gerindra), Darul Siska (Golkar), Athari Gauthi Ardi (PAN) dan Lisda Hendrajoni (Nasdem).

Sumbar 2: Ade Rizky Pratama (Gerindra), Mulyadi (Demokrat) M Iqbal (PPP), John Kenedy Azis (Golkar), Guspadi Gaus (PAN) dan Nevi Zuairina (PKS). *Suandi