Hari Pertama, Tim AKB Tanah Datar Tindak Tegas Tujuh Pelanggar Protokol Kesehatan

81

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Tim penegak protokol kesehatan tidak main-main menegakkan Perda Provinsi Sumbar No. 6 tahun 2020 tentang AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di kabupaten Tanah Datar.

Hari pertama,Sabtu(10/10/20) dimulainya penerapan AKB tim Opsional Terpadu langsung memberikan sanksi sosial kepada tujuh pengunjung dan pedagang Pasar Balimbing, Kecamatan Rambatan.

Tujuh pelanggar protokol kesehatan yang tidak memakai masker langsung diberi sanksi, sebelum menjalani hukuman para pelanggar  harus menandatangani surat pernyataan.

Seterusnya, ke tujuh pelanggar protokol kesehatan dipasangkan masker, dan dipakaikan baju uniform Orange  bertuliskan ‘ Pelanggar protokol kesehatan ‘, dan dikenakan sanksi menyapu fasilitas umum.

Disela aktivitas Razia hari pertama, Kasi Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, H Elfiardi, S.H menjelaskan masih ditemukan masyarakat tidak melaksanakan protokol kesehatan, yakni, mengabaikan pemakaian masker.” Dengan ditemukannya masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, maka tim opsional akan terus melakukan edukasi dan AKB,” tambah H Elfiardi lagi seraya menyebutkan razia akan dilaksanakan di berbagai tempat di Luhak Nan Tuo.

H Elfiardi mengharapkan dengan diimplementasikan nya AKB, kita mengharapkan  masyarakat semakin punya kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan di manapun mereka berada untuk keselamatan kita bersama.

Selanjutnya,  H Elfiardi menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, dan jangan hanya pakai masker ketika ada petugas, tetapi jadikan masker itu kelengkapan baru ketika kita akan mengunjungi keramaian, sebagaimana  memakai helem saat kita akan berkendara.

Kasi H Elfiardi juga meminta masyarakat jangan mempercayai Hoax, corona tidak ada, sementara hasil labor resmi masih menemukan Corona virus i dari sampel yang diambil dari swab.

Razia perdana yang digelar di pasar Balimbing pukul 08.00 WIB sampai 12.30 WIB, Sabtu (10/10/20). Tim AKB menurunkan personil Kodim, Dishub, polres, Polisi Militer, Kejari Tanah Datar,petugas Satpol PP, dan dibantu anggota DPRD Tanah Datar, Sub Gugus Tugas Covid Nagari Balimbing, Babinkamtibmas, Babinsa dan anggota Satlinmas lainnya – habede