Sarasehan Pahlawan Bagindo Aziz Chan di Korem 032 Wirabraja Sumbar, Ini Ulasannya

131

JURNAL SUMBAR | Padang – Dinas Pembinaan Mental Angkata Darat (Disbintalad) sebagai satuan pelaksana pembinaan mental dan kejuangan, kunjungi wilayah Korem 032/Wirabraja dalam rangka menggali nilai nilai kejuangan pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan di Sumatera Barat.

Kadisbintalad Brigjen TNI Edison dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Inf Eko Astono J. Kalimantoro dalam kegiatan sarasehan pahlawan Bagindo Aziz Chan di Gedung Sapta Marga makorem 032/Wbr mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program Disbintalad bidang Ideologi dan Kejuangan yaitu kegiatan napak tilas pahlawan, kebetulan tahun ini sasarannya di Kodam I/BB dan salah satu pahlawan yang kami pilih dari 15 pahlawan dari ranah minang yaitu adalah Bagindo Aziz Chan, Rabu (11/11/2020)

“Hal ini kami pilih karena beliau lahir di Padang, berjuang di wilayah Padang dan makam ada di Sumatera Barat serta terdapat museum maupun monumen yang ada di wilayah ini” Jelas Kolonel Inf Eko Astono.

Tujuan Tim Pembinaan Mental dan Kejuangan dari Disbintalad selain bersilaturohim juga ingin lebih dekat mengetahui keluarga pahlawan Bagindo Aziz Chan, sebagai bahan untuk menanamkan nilai-nilai semangat nasionalisme dan militansi pahlawan Bagindo Aziz Chan kepada prajurit TNI AD pada khususnya dalam melaksanakan tugas agar tetap termotivasi dengan semangat juang yang handal demi keberhasilan tugas pokok TNI AD Kedapan.

Sementara itu Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah mada Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Seksi Perencanaan Korem 032 Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, meyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Napak Tilas dalam rangka menggali nilai-nilai kejuangan pahlawan Nasional ini, para Prajurit dapat meneladani dan terinspirasi untuk menjadi manusia yang unggul, bermental tangguh dalam menunaikan tugas serta pengabdian kepada bangsa dan Negara.

“Mari kita manfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini dengan baik sehingga mendapat kedalaman pengetahuan maupun keluasan wawasan dari sarasehan ini,” jelasnya.

Narasumber dalam kegiatan sarasehan Napak Tilas pahhlawan Nasional tersebut DR. Siti Fatimah dari Dosen Sejarah Universitas Negeri Padang membedah secara menyeluruh tentang seluk beluk perjuangan Bagindo Azis Chan dalam melawan p njajahan di Sumatera Barat.

Hadir dalam kegiatan para Kasi Korem 032/Wbr, Dan/Kabalak Aju jajaran Korem 032/Wbr, Para Kabintalrem Jajaran Kodam I/BB dan Para Prajurit perwakilan dari atuan Jajaran Korem.penrem032