Di Tanah Datar, Pemungutan Suara Terapkan Prokes Covid 19 di Setiap TPS

245

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam pemilihan kepala daerah serentak di masa pandemi sudah diatur Undang-Undang PKPU Nomor 6 dan 13 tentang Peraturan Pelaksanaan Pemungutan Suara di masa pandemi Covid-19, tujuannya agar tidak melahirkan klaster baru di masa pemilu kada.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Datar Fitri Yenti menjelaskan kepada jurnalsumbar.com di Batusangkar, Selasa (8/12) di Batusangkar.

Di setiap Tempat pemungutan suara(TPS) di seluruh Kabupaten Tanah Datar, sebut Fitri Yenti, pelaksanaan pemilihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan( Prokes).

Semua petugas KPPS dan petugas ketertiban dalam menjalankan tugas diharuskan menggunakan masker, face shiel dan sarung tangan sekali pakai, tambah Fitri Yenti yang akrab dipanggil Yenti itu.

TPS juga dibuat lebih besar ukurannya, yaitu, 10 Kali 8 meter, sehingga agar jarak bisa diatur, disediakan pula dua buah tempat cuci tangan di pintu masuk dan pintu keluar, pemilih wajib datang ke TPS dengan menggunakan masker.

Seterusnya, petugas juga akan mengukur suhu pemilih sekaligus memberikan sarung tangan dan mengatur jarak antrian.” Proses pemberian tinta juga dilakukan dengan metode tetes bukan lagi mencelupkan jari ke dalam botol tinta, ” ujar Yenti.

Setiap pemilih akan memberi suara, panitia bakal melakukan penngukuran terhadap suhu pemilih, bagi yang bersuhu lebih dari 37,3 derajad maka pemilih tersebut diarahkan ke bilik suara khusus yang disediakan di luar TPS.

Selanjutnya, dalam melindungi hak pilih setiap warga masyrakat, KPU juga akan memfasilitasi pemilih yang berada di rumah sakit, dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan serta rumah sakit untuk mendapatkan data warga masyarakat yang sedang dirawat.

Khusus untuk pemilih yang sedang di rawat hanya bisa dilayani satu jam sebelum waktu pemungutan suara berakhir, yaitu, pukul 12.00 -13.00 WIB dengan memberlakukan Prokes, jelas Yanti lagi.

Komiosioner KPU Tanah Datar ini menghimbau seluruh warga masyarakat yang memiliki hak pilih agar datang ke TPS Hari Rabu, 9 Desember 2020, dengan membawa surat C pemberitahuan dan KTP – el serta wajib menggunakan masker, dan tidak dibenarkan membawa anak kecil untuk keselamatan bersama dan mewujudkan pemilihan sehat di tengah Covid-19, tegas Yenti.

Terakhir Fitri Yenti mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih agar dapat menyukseskan pemilihan serentak tahun 2020, yakni, Pemilihan Gubernur wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar. ” Mari lah kita menjadi pemilih cerdas untuk Tanah Datar tercinta lima tahun mendatang,” pungkas Fitri Yenti – habede

# Komisioner KPU Fitri Yenti – hbd