Diikuti 90 Peserta, Dinas Dukcapil Sijunjung Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil

250

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sijunjung, Sunatera Barat, gelar sosialisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas PUPR pada Kamis (3/12/2020) itu bertujuan untuk percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akte kelahiran dalam mendukung target nasional tahun 2020.

Acara yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, dibuka langsung Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin dan diikuti sebanyak 90 peserta, terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan dan Walinagari se-Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Dukcapil Sijunjung, Febrizal Ansori, SH. M.Si, selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggaraknnya sosialisasi tersebut.

“Sosialisasi ini bertujuan agar penyelenggaraan pelayanan kependudukan pada semua tingkatan pemerintahan di Kabupaten Sijunjung mempunyai acuan dan pegangan yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memantapkan tata kelola pelayanan kendudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat,”ucap Febrizal Ansori.

“Kegiatan sosialisasi ini diadakan agar kita bisa memahami dengan baik pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil seperti KK, KTP-el, dan kutipan akta kelahiran disetiap lini kehidupan. Sosialisasi ini sekaligus pengenalan keluaran terbaru Dinas Dukcapil yaitu tanda tangan berbasis elektronik (TTE),”papar mantan Asisten 1 Setdakab Sijunjung itu.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya menyebutkan, sosialisasi yang dilaksanakan iti merupakan momentum yang cukup penting, mengingat pencapaian tertib administrasi kependudukan yang diharapkan belum sepenuhnya terlaksana.

” Karena tingkat pemahaman akan arti pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan di sebagian lapisan masyarakat masih sangat rendah. Oleh sebab itu diharapkan tidak hanya Disduk Capil saja yang mensosialisasikan ini, tapi juga dibutuhkan peran aktif para camat, walinagari serta masyarakat, instansi terkait seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas dan lain lain untuk mendukung dalam pencapaian tujuan tersebut,”ujar bupati.

Kepada seluruh perangkat nagari yang membidangi kependudukan, bupati juga berharap agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan mengoptimalkan seluruh kemampuan yang ada dan selalu memotivaai dan membantu masyarakat agar berkeinginan kuat untuk memiliki dokumen kependudukan ini.

“Kepada narasumber pada sosialisasi ini kita berharap dalam menyampaikan materi nanti, dapat memberikan kesempatan seluas luasnya kepada peserta untuk bertanya. Kepada peserta agar mengikuti dengan baik sehingga nanti memahami kebijakan administrasi Kependudukan dan pencatatan sipil tersebut dan nantinya dapat menginformasikan kepada jajaran dan menerapkan dalam pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat,”pinta bupati.andri
editor;ius