Gubernur Sumbar Hadiri Peringatan Wafatnya Syech Abdul Wahab ke-201 di Surau Tuo Kampung Calau Sijunjung

483

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, SP hadiri acara memperingati wafatnya Syech Abdul Wahab ke – 201 di Surau Tuo, Kampung Calau, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sabtu 13 Maret 2021 malam.

Acara yang dihadiri Gubernur bersama Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si dan Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt, Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan, Sekdakab Zefnihan, AP.M.Si, Kepala OPD dan Camat Sijunjung ini sekaligus dilaksanakan pengukuhkan Buya Umar SL Tk Mudo menjadi Khalifah Kampung Calau.

Pengukuhan Khalifah Kampung Calau oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi ini ditandai dengan pemasangan sorban oleh gubernur kepada Buya Umar SL Tk Mudo yang disaksikan Walinagari Muaro, Hafizun, S.Pdi, Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Tokoh Msyarakat beserta pemuda Nagari Muaro.

Wali Nagari Muaro, Hafizun, S.Pdi dikesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa beserta rombongan yang dikesibukannya bisa menyempatkan diri untuk menghadiri acara peringatan wafatnya Syech Abdul Wahab ke 201 ini sekaligus pengukuhan khalifah kampung calau.

“Doa bersama memperingati wafatnya Syech Abdul Wahab ini diperingati setiap tahunnya diwaktu akan memasuki bulan ramadhan. Setiap tahun itu pula kampung calau ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah yang datang kesini, baik dari luar Sijunjung maupun dari luar pulau sumatra seperti Jakarta , Jokjakarta dan daerah lainnya,” ujar nya.

Untuk itu pada kesempatan tersebut, Hafizun mengharapkan kepada Gubernur Sumbar dan Bupati Sijunjung agar dapat memperhatikan kampung calau, termasuk perbaikan jalan dan lokasi parkir bagi kendaraan peziarah yang datang, yang pada saat ini masih kecil dan susah bagi parkir kendaraan roda 4.

Bupati Benny Dwifa pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Buya Umar atas telah dikukuhkannya menjadi Khalifah kampung calau.

Bupati juga menyampaikan bahwa, Kabupaten Sijunjung saat ini telah giat giatnya untuk pengembangan Geopark Silokek. Geopark ini juga termasuk Kampung Calau dan juga Perkampungan Adat Padang Ranah. “Oleh karena itu, insyaallah kampung calau juga termasuk dalam pengembangan nantinya seperti perbaikan infrastruktur jalan dan lokasi parkir ini,”ujar bupati.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada khalifah kampung calau yang telah di kukuhkan.

“Kita besyukur dengan telah dikukuhkannya khalifah kampung calau ini, berarti telah bertambah khalifah di daerah kita. Dengan banyaknya khalifah ini semoga daerah kita menjadi kuat agamanya dan daerah kita dilindungi oleh Allah Swt hendaknya. Doakan juga kami menjadi pemimpin yang amanah dan bekerja di jalan Allah hendaknya,”harap gubernur.

Gubernur juga menyampaikan bahwa akan terus mendukung pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam pengembangan Geopark Silokek yang didalamnya juga termasuk pengembangan dan perbaikan kampung calau ini nantinya.

Di akhir acara Gubernur bersama bupati dan wakil bupati serta ketua DPRD juga melepaskan bibit ikan kedalam kolam ikan kampung calau tersebut.andi