Wabup Richi Aprian Bangga dengan Alih Status IAIN Batusangkar Menjadi UIN

294

JURNAL SUMBAR | Batusangkar –  Cita-cita besar IAIN ( Institut Agama Islam Negeri  ) Batusangkar ke depan mengenai alih status menjadi UIN ( Universitas Islam Negeri ) Batusangkar yang Insya Allah akan dikunjungi tim Asesmen Lapangan dari Kementerian Agama RI, Jumat dan Sabtu ( 26, 27) dan berlangsung di kampus IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar Dr Marjoni Imamora M.Sc didampingi Wakil Rektor 1, 2 dan 3 menyampaikan hal itu, Senin (22/3) dalam kunjungan silahturahmi Rektor IAIN dengan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, M.H. serta dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dan Kabag Humas dan Protokol Drs Yusrizal. M.Si di kantor bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

IAIN Batusangkar, sebut Marjoni, siap bekerjasama dan mendukung program pemerintah daerah menginginkan Tanah Datar kembali menjadi pusat pendidikan agama Islam dan program ini hampir sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tanah Datar ke depan.

Sementara itu Wabup Tanah Datar Richi Aprian menyebutkan eksistensi IAIN Batusangkar sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi sangat dirasakan manfaatnya, tidak sebatas pendidikan saja, namun bagi masyarakat sekitar manfaat ekonomi juga sangat dirasakan, tentu hal ini menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan dan menjanjikan bagi masyarakat.

Bahkan lagi, imbuh  Richi,  IAIN Batusangkar akan alih status  menjadi UIN ke depan yang merupakan kebanggaan bagi Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Kesuksesan IAIN meningkat status tentunya harus diapresiasi dan dimotivasi sepenuh hati karena kebanggaan kita bersama.

Peningkatan status, ucap Richi  juga akan meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di sini nanti. Kita mengharapkan semakin jamak mahasiswa kuliah setelah UIN terealisasi, ditpang lagi Tanah Datar terletak  di tengah kabupaten dan kota lain sehingga akses semakin mudah dan   menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat.

Wabup Richi meenegaskan, dirinya bersama pak Bupati Eka Putra  akan mendukung dan siap bersinergi dengan IAIN atau UIN Batusangkar ke depan. Syukur Alhamdulillah, pertemuan pertama merupakan awal bagi kita untuk saling bersinergi dan menjalin kerjasama baik ke depan, terutama dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Luhak Nan Tuo, pungkas Wabup Richi Aprian – habede