Dibangun Secara Swadaya, Masjid Al Mutathohirin Jorong Padang Lalang Itu Diresmikan Bupati Sijunjung

263

“Masjid ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat Nagari Guguak tanpa bantuan dari pihak lain. Dengan gotong royong secara bersama sama siang dan malam,”Wali Nagari Guguak, Zainal, S.Pd.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si resmikan Masjid Al Mutathohirin, Jorong Padang Lalang, Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII, Minggu 4 April 2021.

Peresmian ini ditandai dengan penyerahan SK Masjid dari Bupati Sijunjung kepada Pengurus Masjid Mutathohirin serta pengguntingan pita yang sekaligus terbukanya penutup merek masjid yang disaksikan Wali Nagari Guguak, Zainal beserta Wali Nagari se Kecamatan Koto VII, Niniak Mamak,Bundo Kanduang,Tokoh Masyarakat dan pemuda Nagari Guguak.

Peresmian masjid tersebut juga dihadir Kadis PUPR, Budi Syafarman, Kadis Pendidikan diwakili Kabid PAUD, Hendri Nurka, S.Sos.M.Si, KUA Kecamatan Koto VII, Sekcam Koto VII, Syamsuhir beserta Unsur Forkopincam Kecamatan Koto VII, dan Kasubag Protokol Setdakab, Novdel Pendri Melva Putra.S.STP.MM.

Wali Nagari Guguak, Zainal, S.Pd dikesempatan itu menyebutkan, lokasi pembangunan Masjid ity merupakan wakaf dari salah seorang tokoh masyarakat Nagari Guguak yaitu Wali Syair Datuak Rajo Lelo.

“Masjid ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat Nagari Guguak tanpa bantuan dari pihak lain. Dengan gotong royong secara bersama sama siang dan malam. Setelah 3 bulan ini dapat izin dari niniak mamak untuk peresmian menjadi masjid, alhamdulillah sudah mulai banyak ada bantuan dari luar,”ujar Zainal.

Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat Jorong Lalang, Nagari Guguak atas telah diresmikannya nama Masjid Al Mutathohirin ini.

“Dengan telah diresmikannya masjid ini, kita berharap semakin dapat menguatkan niat ibadah kita kepada Allah Swt hendaknya dan mampu membangkitkan ukhuwah islamiyah kita semua. Kedepan kami berharap setelah diresmikannya mesjid ini, semakin ramai dan kami berharap kegiatan keagamaan di Masjid ini ditingkatkan hendaknya,”harap Bupati.

Bupati dikesempatan itu juga menghimbau agar dimasa pandemi covid 19 ini, tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita berdoa agar covid 19 ini cepat berakhir. Salah satu langkah mengurangi covid ini dengan melakukan vaksin. Insyaallah aman, kami sudah melakukan penyuntikan vaksin ini dan sebentarlagi akan sampai ke wali nagari dan masyarakat. Mari kita cegah covid 19 ini dengan disuntik vaksin. Tidak sakit kok,”tambah bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan berupaya terus meningkatkan pelayanan publik. Diantaranya nanti dalam pengurusan KTP dan Kk tidak lagi harus ke Dinas Capil, tetapi besok sudah bisa kepengurusannya ke Kantor Wali Nagari saja.

“Biasanya bapak dan ibu saat mengurus KTP dan KK harus datang ke Kantor Capil Langsung, sudahlah jauh dan ongkos ojek pulang balik juga mahal, besok cukup mengurus ke kantor wali nagari saja. Tambahan Kalau ada informasi atau permasalahan nagari seperti jalan dan pembangunan yang terkendala, bapak dan ibu juga bisa menyampaikan lewat layanan online Dinas Kominfo atau bisa langsung ke saya sendiri ,”ujar Bupati Benny yang disambut dengan tepuk tangan oleh masyarakat yang hadir. andri