Jelang Ramadhan, Rumah Quran Ar-Rahman Gelar Hafalan Juzz 30

295

JURNAL SUMBAR | Padang – Rumah Quran Ar-Rahman kembali semarakan kedatangan bulan suci Ramadhan. Memeriahkan penyambutan bulan Ramadhan 1442 H/ Tahun 2021 dengan melaksanakan Lomba Hafalan Juzz 30.

Lokasi Rumah Quran Ar-Rahman yang berlokasi di depan SD N 27 Sungai Sapiah Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini, lomba diikuti 28 santra dari 42 santri yang terdaftar. Pelaksanaan berlangsu sukses dan lancar yang berakhir, Ahad (11/4/202).

Ketua pengelola Rumah Quran Ar-Rahman Lisa Fitriani, SE, M.Akt mengatakan setelah setahun berdiri, dalam rangka menyambut ramadhan mengadakan lomba hafalan juzz 30. Para santri sangat antusias mengikuti lomba ini.

“Meski di masa pandemi,acara ini tetap berlangsung dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan,” ujar Lisa didampingi Bendahara, Yosiana Adriani dan sekretaris Rizky Rahman sekaligus bertindak sebagai penangung jawab harian kepada media ini, Ahad (11/4/2021).

Lebih lanjut Rizky Rahman sebagai penangung jawab harian rumah quran ini menambahkan, awal terbentuknya rumah quran Ar-Rahman ini karena adanya keinginan bersama untuk menghidupkan kebiasaan menghafal Al-Quran di sekitaran Sungai Sapih.

Diungkapkannya, awalnya pada 18 februari 2020 rumah Quran ini perdana melakukan proses tahfizh, tilawah dan tartil, meski sempat terhenti sementara namun di bulan juli 2020 kembali aktif dengan membagi santri jadi 2 shift.

“Alhamdulillah hingga kini sudah 42 santri yg terdaftar dan teregistrasi dengan di ajar oleh 3 orang ustadz. Proses belajar mereka di mulai setelah magrib dan selesai hingga shalat isya berjamaah, dan ini berlangsung setiap hari dari senen sampai sabtu,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan pengelolaan rumah Quran ini, setiap Jumat para santri diberi makan gratis bersama-sama.

inilah yg menambah semangat santri untuk datang dan belajar,selain gratis atau tak dipunggut biaya apapun.

“Harapan pengurus rumah quran Ar-Rahman adalah menciptakan generasi yg hafal dan memahami serta mengamalkan Al Quran di setiap sendi kehidupan,hingga tercipta generasi yg cerdas,bertakwa dan islami,” harapnya. agusmardi