Pemkab Tanah Datar dan IAIN Batuangkar Sepakat Perang Terhadap Narkoba, LGBT, dan Maksiat

178

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Deklarasikan dan Komitmen Bersama Perang Terhadap Narkoba, Pergaulan Bebas, Maksiat, LGBT, dan Tertib Berlalu lintas di Kabupaten Tanah Datar dilakukan Pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batuangkar, kamis (8/4) di auditorium kampus II IAIN Batusangkar.

Pada kesempatan itu, Rektor IAIN Batusangkar diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd menegaskan  Jajaran IAIN Batusangkar Dosen, Karyawan dan mahasiswa  bertekad untuk memerangi narkoba, pergaulan bebas, LGBT di kampus ataupun di luar kampus IAIN Batusangkar.

Dr Sirajul menegaskan, kita menyadari betapa sangat berbahayanya , maka di kampus tentu bisa mengontrol kegiatan dan perilaku mahasiswa ataupun jajaran dosen, namun di luar kampus tentu dukungan pihak terkait lain diharapkan.

Bukti keseriusan itu, tekan  Sirajul Munir, kami membuat komitmen bersama tanpa paksaan, dimana bukti telah dikumpulkan 1000 tandatangan mendukung gerakan tersebut. ” Tanda tangan ini bisa menjadi bukti nyata untuk memerangi narkoba dan sejenisnya  di IAIN Batusangkar, ” tekan Dr Sirajul.

Seterusnya Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan, obat terlarang tidak hanya akan merusak diri sendiri, tetapi juga si pemakai akan  berurusan dengan pihak berwajib dan masalah hukum, maka mari sayangi diri sendiri dan keluarga dengan menghindari segala macam barang haram, termasuk pergaulan bebas dan LGBT.

Ditegaskan Eka, Presiden telah menyatakan Indonesia darurat Narkoba, soalnya sudah  4 juta orang terjerat dalam penyalahgunaan, dan Tanah Datar, dewasa ini peredaran narkoba di Tanah Datar sudah tahap mengkhawatirkan, makanya mari kita berantas dan perangi Narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan penyakit masyarakat lainnya, imbuh Eka Putra S.E.

Untuk itu, ucap Eka Putra,  mahasiswa, pemilik kos-kosan dan pihak terkait lain bersama mendeklarasikan memerangi narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan fenomena sosial negatif lainnya. Untuk itu, mari kita jadikan lingkungan kampus IAIN, masyarakat umum dan pemilik kos bersama memeranginya, denga harapan Tanah Datar menjadi daerah sejahtera sesuai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Dikatakan Eka Putra,  perang terhadap Narkoba dan barang sejenis lainnya, tentu butuh dukungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar, TNI, Polri, jajaran dosen IAIN, Camat, Wali Nagari, pemilik kos, tokoh masyarakat dan pengawasan orangtua dan pihak terkait lain sangat dibutuhkan.

Kepala BNN Provinsi Sumbar Brigjen Pol Kasril Arifin menyampaikan apresiasi kepada IAIN Batusangkar dan Pemerintah Daerah Tanah Datar telah mendeklarasikan anti  Narkoba, Pergaulan Bebas, Maksiat, LGBT dan Tertib Berlalu Lintas.

Brigjen Pol Kasril Arifin mengapresiasi kegiatan dengan harapan ke depan IAIN Batusangkar khususnya, dan Tanah Datar umumnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan penyakit masyarakat lain.

Kegiatan ini, sebut Brigjen Pol Kasril, menunjukkan komitmen pemerintah daerah bersama IAIN Batusangkar untuk memberantas narkoba, dan  berharap akan lahir penggiat dan relawan anti Narkoba dari mahasiswa dan mahasiswi IAIN Batusangkar sehingga bisa menjadi pelopor bahaya narkoba di kalangan akademisi, mahasiswi, dan  masyarakat lainnya.

Pada  kesempatan itu, turut memnberikan sambutan
Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Datar Irwan selaku Ketua Pelaksana kegiatan sekaligus diihadiri jajaran IAIN Batusangkar, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf, Wisyudha Utama, Waka Polres Tanah Datar Kompol Eridal, Kajar Tanah Datar Hadrijono Sidayat, Perwakilan Pengadilan Negeri Batusangkar, Perwakilan Pengadilan Agama Batusangkar, Camat Lima Kaum, Camat Pariangan, wali Nagari dan undangan  – habede