Ubah Kebiasaan yang Salah, Edison Dt Rajo Indo Minta Pasukuan Sikumbang Lengayang Fokus Jalankan Ibadah Puasa

310

JURNAL SUMBAR | Kambang – Pucuak Adat Kaum Suku Sikumbang Edison SKM Dt Rajo Indo menyatakan bahwa dirinya telah menyepakati bersama para ninik mamak pasukuannya untuk melakukan himbauan kepada anak kemanakan yang dibawah panji kebesaranya dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H/2021 melaksanakan rukun puasa dengan sebaik-baiknya.

“Selaku Pucuak Adat Kaum Suku Sikumbang beserta ninik mamak sepakat meminta anak kemanakan kami serius melaksanak rukun puasa agar nilai-nilai Islam yang menjadi landasan bertindak dan bersikap anak kemenakan kami tidak memudar dalam kondisi Covid-19 ini,’ kata Edison Dt Rj Indo, Rabu (7/4) kepada media ini.

Edison mengatakan pesannya kepada anak kemenakan dan pertalian darah dengan kaum suku Sikumbang di Kecamatan Lengayang menjalankan ibadah puasa dimasa pandemi Covid-19 ini mesti dilakukan sesuai rukunya, sehingga dapat menerapkan kehidupan sosial masyarakat dengan baik dan berdampak bagi untuk perubahan kebiasaan yang salah selama ini.

“Pengaruh kehidupan modren mesti dilawan dengan arif dan bijaksana, karena kalau tidak, maka kaidah-kaidah yang mengatur tata kehidupan yang seharusnya di pegang teguh selama ini yaitu landasan agama akan pudar,” kata owner klinik Amanah ini.

Selain itu, Edison Dt Rajo Indo juga meminta agar ninik mamak dibawah payung panji kebesaranya tetap bertekad dan mempertahankan tradisi keminangkabauan yang ada.

Mantan Ketua IKWAL Kota Padang itu menyebut kearifan lokal dan keunggulan lokal merupakan kebijaksanaan manusia yang yang bersandar filosofi nilai-nilai, etika, cara-cara, dan prilaku yang melembaga secara tradisional.

“Kearifan lokal adalah nilai yang baik dan benar sehingga dapat bertahan
dalam waktu yang lama dan bahka melembaga. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi berlaku universal,’ kata dia. agusmardi