Buya Gusrizal Gazahar Kukuhkan Pengurus MUI Tanah Datar Periode 2020 – 2025

126

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Pengurus MUI Tanah Datar periode 2020 – 2025, Rabu (16/6) dikukuhkan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar Lc., M.Ag bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

Pengurus MUI yang dikukuhkan diketuai H. Masnefi, MS selaku Ketua Umum, dan dibantu lima Ketua Bidang yakni, H. Yendri Junaidi Lc., MA (Fatwa dan Hukum), Drs Kamaruzzaman, MA (Ukhuwah), Dr. H. Kamaluddin, MA (Pendidikan dan Dakwah), Dr. Eficandra, M.Ag (Ekonomi Islam) dan Dr. Hj Sri Yunarti, M.Ag (Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga).

Sedangkan, Sekretaris Umum dipercayakan kepada H. Afrizon, S.Ag dengan sekretaris Muhammad Yasin dan Taufik Rahman M.A. Bendahara umum Zarratul Khairi, SE., MT dengan bendahara Elfina Yenti, SE, Akt., MSi dan Dr. Irma Suryani, MH.

Seterusnya, Ketua MUI Tanah Datar H. Masnefi M.S mengatakan, ia merasa bersyukur telah dilaksanakan pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Tanah Datar 2020-2025. Semenjak SK kami terima kami telah melaksanakan tugas-tugas majelis ulama di Tanah Datar.

Pengurus yang terdiri dari akademisi, para praktisi diharapkan bekerja memecahka persoalan keummatan. MUI bertugas membimbing, dan mewujudkan kairoh ummah.MUI juga pemberi fatwa kepada ummat dan pemerintah baik diminta atau tidak.

Dikatakannya, hari ini akan mengadakan raker untuk memantapkan rancangan dari komisi-komisi. Kami menghimbau mubaligh dan dai kembali ke ummah, dan surau merupakan program utama, tekan Masnefi.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Sumatera Barat
Buya Gusrizal Gazahar Lc., M.Ag menyampaikan, MUI berhimpun didalam ormas ormas Islam dan para pakar berbagai keilmuan. Dan berusaha merumuskan masalah masalah keummatan yang memiliki cakupan luas.

Dalam kepengurusan ringan sama dijinjing berat sama dipikul harus kita tanamkan dalam diri kita sebagai pengurus. Dalam menyikapi persolan umat, MUI Sumatera Barat berdiri tegak dalam posisi amar maruf nahi munkar.

Buya juga mengajak memikirkan persolan belajar daring, menjamurnya kafe kafe yang isinya anak anak umur sekolah disaat jam belajar daring, Persoalan kemampuan guru yang lemah dalam mnggunakan teknologi dibandingkan siswanya.

Terakhir Buya juga menegaskan bahwa MUI Sumatera Barat saat ini tetap dalam komitmen kemandirian.

Bupati Tanah Datar atas nama masyarakat Tanah Datar Mengucapkan selamat kepada dewan pimpinan Majelis Ulama (MUI) Tanah Datar periode 2020-2025 sekaligus menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dewan pimpinan MUI Tanah Datar 2015-2020.

Aktivitas pengukuhan dihadiri Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I H.Suhermen,Ketua Dewan Pertimbangan H. Syukri Iska S.Ag. Ketua LKAAM Tanah Datar, Kepala OPD dan Camat se-Tanah Datar ,dan undangan – habede.